Search This Blog

10 WISATA PALING POPULER DI JOGJA





1. Candi Prambanan
Candi Prambanan merupakan sebuah kompleks candi Hindu dan berbeda dengan Candi Borobudur yang merupakan candi Buddha. Candi ini merupakan ikon Kota Yogyakarta yang menjadi tujuan utama oleh para wisatawan baik lokal maupun domestik. Disini pengunjung dapat belajar banyak hal tentang sejarah mengenai Candi Prambanan. Lokasi wisata yang satu ini sangat ramai pengunjung apalagi saat hari libur. Untuk dapat masuk ke dalam kompleks Candi Prambanan ini pengunjung dipungut biaya sebesat Rp 30.000 /orang.

2. Blue Lagoon Jogja
Pemandian Tirta Budi atau yang lebih dikenal dengan Blue Lagoon merupakan salah satu tempat wisata pemandia yang terletak di Desa Dalem, Widodomartani, Ngemplak, Sleman, Yogyakarta. Apabila Anda tertarik untuk mengunjunginya lokasinya tiddak begitu sulit untuk dicari, jika Anda berangkat dari arah Jogja Kota Anda cukup mengarahkan kendaraan Anda ke jalan kaliurang yang berada di sebelah Utara Kota Jogja.

3. Kampung Teletubbies Yogyakarta
Jogjakarta terdapat sebuah kampung yang di juluki dengan sebutan kampung teletubbies, dikampung ini rumah penduduknya di bagun seperti rumah teletubbies. Masih ingat dengan serial kartun teletubbies, sepertinya sudah tidak lain lagi terdengar di telinga kita. Kali ini kita akan membahas tentang kampung teletubbies yang saat ini telah dijadikan sebagai tujuan wisata di Jogjakarta.

4. Monumen Jogja Kembali
Monumen Jogja Kembali (MONJALI) merupakan salah satu tempat wisata sejarah yang ada di Yogyakarta. Monjali merupakan lambang kembalinya Pemerintahan Republik Indonesia yang menjadi bukti sejarah ditarik mundurnya pasukan Belanda dari daeroh Jogja pada tanggal 29 Juni 1949. Pada saat itu juga Presiden Soekarno dan Wakil Presiden Mohammad Hatta dan pejabat lainnya kembali ke Yogyakarta pada tanggal 06 Juli 1949 dari pengungsian.

5. Candi Ijo
Candi Ijo Kalasan adalah sebuah candi yang letaknya berada di atas Bukit Ijo. Nama candi ini di ambil dari nama tempat dimana lokasi candi ini berada yaitu Bukit Ijo sehingga candi ini dinamakan dengan Candi Ijo. Candi ini juga merupakan candi tertinggi yang ada di wilayah Yogyakarta yang memiliki ketinggian hingga mencapai sekitar 357.402 – 394.581 MDPL.

6.Candi Ratu Boko
Candi Ratu Boko Merupakan situs bersejarah dengan berupa reruntuhan bangunan yang menyerupai candi. Bangunan bersejarah ini memang sangat penting sekali perannya untuk mengembangkan sejarah dinasti Hindu yan ada di Indonesia terutama di Jawa.
Candi Ratu Boko atau dikenal juga dengan sebutan Candi Boko sebenarnya bukan merupakan sebuah candi akan tetapi merupakan sebuah Istana atau Keraton. Sehingga panggilan untuk Ratu Boko juga sering disebut sebagai Keraton Ratu Boko.

7. Upside Down World Jogja
Konsep upside down world jogja hampir mirip dengan tempat tinggal atau rumah yang dilengkapi dengan berbagai ruangan seperti ruang tamu, dapur, ruang makan. Tercatat ada delapan spot foto yang tersedia di upside down world Jogja, mulai dari ruang 3D, living room, dinning room, master bed room, kids room, kitchen, laundry room dan bathroom.

8. Sindu Kusuma Edupark
Sindu Kusuma Edupark di buka pertama kali dan diresmikan tanggal 20 Desember 2014, untuk soal usia tempat wisata ini memang belum terlalu lama atau masih baru, namun saat soft opening atau pembukaan awal, taman wisata ini pengunjungnya membludak hingga mencapai angka 1700 orang/hari.

9. Jogja Bay Water Park
Jogja Bay merupakan waterpark terbesar di Indonesia, dengan luas 7,7 hektar dimana 5 hektar untuk area utama dan 2,7 hektar untuk area hijau dan lahan parkir. Disini terdapat 19 wahana permainan yang siap membantu Anda melepas penat. Anak-anak pun dijamin Akan betah bermain di wahana-wahana yang disediakan.

10. Museum Gunung Merapi

Museum Gunung Merapi (MGM) yang terletak di kawasan lereng selatan merapi Yogyakarta merupakan salah satu kawasan wisata, kawasan ini diharapkan menjadi wahana edukasi konservasi yang berkelanjutan serta pengembangan ilmu kebencanaan gunungapi, gempa bumi, dan bencana alam lainnya. Obyek wisata ini diresmikan pasa tanggal 1 Oktober 2009 oleh Bapak Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Purnomo Yusgiantoro.

11. Candi Abang
Bagi Anda yang ingin berlibur di Yogyakarta dan ingin menikmati nuansa alam pedesaan maka tempat yang menjadi tujuan Anda adalah Desa Wisata Alam Candi Abang. Karena tempat tersebut adalah pilihan yang tepat bagi Anda dengan keindahan desa di atas bukit yang menjadi daya tarik bagi Anda.

12. Candi Barong
Candi Barong ini adalah candi peninggalan Hindu yang berlokasi tidak jauh dari Istana Ratu Boko, tepatnya di Dusun Candisari, Kelurahan Bokoharjo, Kecamatan Prambanan, Sleman. Disan Anda dapat menikmati pemandangan dari kawasan perbukitan Batur Agung dan juga menikmati hawa di kawasan Candi Barong yang sangat sejuk dan segar. Karena tempatnya yang nyaman dan jauh dari perkotaan sehingga tempat ini sangat cocok sekalai bagi anda yang ingin bersantai.

13. Candi Sambisari
Candi Sambisari terdiri dari kompleks candi induk dan 3 candi pendamping atau candi pewara yang dikelilingi pagar batu 2 lapis. Untuk memasuki area candi terdapat 4 pintu masuk. Jika dilihat sepintas tentang Candi Sambisari ini terlihat hampir menyerupai kastil batu yang terletak tepat di tengah taman. Dengan rumputnya yang tumbuh teratur di pelataran membuat candi laksana permadani hijau yang indah.

14. Candi Sari Yogyakarta
Wisata Candi Sari dibangun sekitar abad ke-8 selama Rakai Panangkaran memerintah . Candi Sari ini diketahui memiliki hubungan dengan Candi Kalasan sebagaimana yang tercantum dalam prasasti Kalasan tertulilis pada tahun 778 Masehi.

15. Tlogo Putri Kaliurang
Tlogo Putri Kaliurang adalah salah satu tempat wisata yang menarik karena tempat wisatanya merupakan perpaduan antara wisata air dan wisata alam yang dikelola langsung oleh Dinas Pariwisata Sleman, Yogyakarta. Tlogo Putri Kaliurang merupakan sebuah embung yang dilengkapi dengan persewaan kano dan bebek air. Di kawasan wisata ini juga terdapat beberapa wahana permainan yang unik disekitar embung seperti jungkat jungkit, flying fox, bianglala, ayunan dan beberapa permainan lainnya.

16. Air Terjun Tlogo Muncar Kaliurang
Air Terjun ini cukup tinggi, sekitar 30 – 45 meter. Sumber dari aliran Air Terjun Tlogo Muncar berasal dari lereng bukit plawangan, salah satu bukit di Gunung Merapi.

17. Kampung Teletubbies Yogyakarta
Jogjakarta terdapat sebuah kampung yang di juluki dengan sebutan kampung teletubbies, dikampung ini rumah penduduknya di bagun seperti rumah teletubbies. Masih ingat dengan serial kartun teletubbies, sepertinya sudah tidak lain lagi terdengar di telinga kita. Kali ini kita akan membahas tentang kampung teletubbies yang saat ini telah dijadikan sebagai tujuan wisata di Jogjakarta.

18. Taman Tebing Breksi Yogyakarta
Tak jauh dari komplek Candi Prambanan ada suatu tempat yang juga ramai dikunjungi oleh para wisatawan, berbentuk alami Taman Breksi atau Tebing Breksi sangat menarik perhatian wisatawan, kawasan wisata ini berlokasi di Desa Sambirejo Sleman Yogyakarta.

19. Museum Ullen Sentalu
Kali ini kita akan membahas tentang museum yang ada di Seleman Yogyakarta, disana terdapat salah satu museum terbaik di indonesia, namanya museum adalah Museum Ullen Sentalu. Selain menikmati keindahan suasanannya, disana Anda bisa bisa memperkuat pengetahuan tentang seni dan budaya jawa khususnya dari jaman kerajaan mataram.

20. Wisata Edukasi Omah Salak Sleman, Yogyakarta
Salak Pondoh sudah lama menjadi buah andalan khas Kota Yogyakarta, untuk mengetauhi proses panen hingga menikmati aneka olahan salak wisata edukasipun di kekembangkan di Turi kabupaten Slaman, Yogyakarta. Sejak tahun 70-an wilayah Turi yang terletak di lereng Gunung Merapi Sleman telah terkenal sebagai penghasil salak. Tanahnya berpasir cocok bagi tanaman ini untuk tumbuh, selain menghasilkan salak wisata edukasipun kini di kembangkan di Turi.

21. Wisata Lereng Gunung Merapi
Pagi hari adalah waktu yang tepat untuk menikmati pemandangan Gunung Merapi dimana pada saat kabut belum turun untuk menelimuti keindahan dan kegagahan Gunung Merapi. Sekitar pukul 07.00 adalah merupakan waktu yang sangat tepat untuk menikmatinya. Anda bisa menikmati pemandangan Gunung Merapi dari berbagai posisi disekitar lereng Gunung Merapi, seperti dari kabupaten Sleman, Magelang, Klaten dan Boyolali. Namun jika Anda dari Kota Yogyakarta Anda bisa menikmati pemnadangan ini dari salah satu kawasan wisata yang ada di kabupaten Sleman seperti kawasan wisata Kaliadem.

22. Kaliurang
Kaliurang merupakan kawasan wisata yang terletak di kaki Gunung Merapi yang memiliki nuansa alam yang sangat sejuk. Kawasan wisata ini berada di sebelah utara Kota Yogyakarta dengan jarak sekitar 35 kilometer. Karena lokasinya yang tidak jauh dari Kota Yogyakarta membuat kawasan Wisata Gunung Merapi sebgai salah satu alternatif wisata adrenalin.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "10 WISATA PALING POPULER DI JOGJA"

Post a Comment