kesulitan mengerjakan tugas? saya siap membantu, silahkan wa 082257518802

PENJELASAN PISA LENGKAP ASLI





UNTUK LEBIH JELASNYA, SILAHKAN DOWNLOAD VERSI ASLINYA DISINI


Halaman 1
BAB 1. APA ITU PISA? │ 11PISA 2018 PENILAIAN DAN KERANGKA ANALITIS © OECD 20191. Apa itu PISA?Program OECD untuk Penilaian Siswa Internasional (PISA), sekarang berada di urutan ketujuhsiklus, berupaya menentukan apa yang penting bagi warga negara untuk diketahui dan dapat dilakukan. PISAmenilai sejauh mana siswa berusia 15 tahun mendekati akhir wajib merekapendidikan telah memperoleh pengetahuan dan keterampilan yang penting untuk partisipasi penuh dalammasyarakat modern.Penilaian tiga tahunan berfokus pada mata pelajaran inti sekolah membaca, matematika danilmu. Kecakapan siswa dalam domain inovatif juga dinilai; pada tahun 2018, inidomain adalah kompetensi global. Penilaian tidak hanya memastikan apakah siswadapat mereproduksi pengetahuan; itu juga memeriksa seberapa baik siswa dapat memperkirakan dari apamereka telah belajar dan dapat menerapkan pengetahuan itu di lingkungan asing, baik di dalam maupun di luarsekolah. Pendekatan ini mencerminkan fakta bahwa ekonomi modern tidak menghargai individuapa yang mereka tahu, tetapi untuk apa yang bisa mereka lakukan dengan apa yang mereka ketahui.PISA adalah program berkelanjutan yang memantau tren dalam pengetahuan dan keterampilan itusiswa di seluruh dunia, dan dalam subkelompok demografis di masing-masing negara, milikidiperoleh. Di setiap putaran PISA, salah satu domain inti diuji secara terperinci, mulaikira-kira setengah dari total waktu pengujian. Domain utama pada 2018 adalah membaca, seperti dulupada tahun 2000 dan 2009. Matematika adalah domain utama pada tahun 2003 dan 2012, dan sains adalahdomain utama pada 2006 dan 2015.Melalui kuesioner yang dibagikan kepada siswa dan kepala sekolah, dan opsionalkuesioner dibagikan kepada orang tua dan guru, PISA juga mengumpulkan informasi tentanglatar belakang rumah siswa, pendekatan mereka terhadap pembelajaran dan lingkungan belajar mereka.Dengan jadwal bolak-balik dari domain-domain utama ini, analisis prestasi secara menyeluruh di Indonesiamasing-masing dari tiga bidang inti disajikan setiap sembilan tahun; analisis tren ditawarkansetiap tiga tahun. Dikombinasikan dengan informasi yang dikumpulkan melalui berbagaikuesioner, penilaian PISA menyediakan tiga jenis utama hasil:• Indikator dasar yang memberikan profil pengetahuan dan keterampilan siswa• Indikator berasal dari kuesioner yang menunjukkan bagaimana keterampilan tersebut berhubunganberbagai variabel demografis, sosial, ekonomi dan pendidikan• Indikator tren yang menunjukkan perubahan dalam hasil dan distribusinya, dan dihubungan antara variabel latar belakang tingkat siswa, sekolah dan sistem danhasil.Pembuat kebijakan di seluruh dunia menggunakan temuan PISA untuk mengukur pengetahuan dan keterampilansiswa di negara / ekonomi mereka sendiri dibandingkan dengan mereka yang berpartisipasi lainnyanegara / ekonomi, tentukan tolok ukur untuk peningkatan dalam pendidikan yang disediakandan / atau dalam hasil pembelajaran, dan memahami kekuatan dan kelemahan relatif merekasistem pendidikan sendiri.
Halaman 2
12 │ BAB 1. APA ITU PISA?PISA 2018 PENILAIAN DAN KERANGKA ANALITIS © OECD 2019Publikasi ini menyajikan teori yang mendasari penilaian PISA 2018 - ketujuhsejak awal program. Ini termasuk kerangka kerja untuk menilai tiga intimata pelajaran membaca, matematika dan sains (Bab 2, 3 dan 4, masing-masing), thekerangka kerja untuk penilaian ketiga literasi keuangan siswa (Bab 5), dankerangka kerja untuk menilai domain inovatif, kompetensi global (Bab 6). Inibab menguraikan konten pengetahuan yang perlu diperoleh siswa di setiap domain, theproses yang siswa harus dapat lakukan, dan konteks di mana pengetahuan inidan keterampilan ini diterapkan. Mereka juga membahas bagaimana setiap domain dinilai. Itupublikasi diakhiri dengan kerangka kerja untuk berbagai kuesioner yang dibagikansiswa, kepala sekolah, orang tua dan guru (Bab 7), dan kerangka kerja untukkuesioner kesejahteraan baru yang didistribusikan kepada siswa (Bab 8).Kotak 1.1. Fitur utama PISA 2018KontenPISA tidak hanya menilai apakah siswa dapat mereproduksi pengetahuan, tetapi juga apakah merekadapat memperkirakan dari apa yang telah mereka pelajari dan menerapkan pengetahuan mereka dalam situasi baru.Ini menekankan penguasaan proses, pemahaman konsep, dan kemampuan untukberfungsi dalam berbagai jenis situasi.Survei PISA 2018 berfokus pada membaca, dengan matematika dan sains sebagai minordomain penilaian. Untuk pertama kalinya, kompetensi global dinilai inovatifdomain. PISA 2018 juga mencakup penilaian literasi keuangan kaum muda,yang merupakan opsional untuk negara dan ekonomi.Murid-muridSekitar 710.000 siswa menyelesaikan penilaian PISA 2018, mewakili lebih dari31 juta anak berusia 15 tahun di sekolah dari 79 negara dan ekonomi yang berpartisipasi.PenilaianTes berbasis komputer digunakan, dengan penilaian berlangsung total dua jam untuk masing-masingsiswa.Item tes adalah campuran dari pertanyaan pilihan ganda dan pertanyaan yang mengharuskan siswa untukbuat tanggapan mereka sendiri. Barang-barang tersebut diatur dalam kelompok berdasarkan suatu bagianmenetapkan situasi kehidupan nyata. Sekitar 930 menit item tes digunakan, dengan berbedasiswa mengambil berbagai kombinasi item tes.Siswa juga menjawab kuesioner latar belakang yang membutuhkan waktu 35 menit untuk selesai. Itukuesioner mencari informasi tentang siswa itu sendiri, rumah mereka, dan merekasekolah dan pengalaman belajar. Kepala sekolah menyelesaikan kuesioner yang dicakupsistem sekolah dan lingkungan belajar.Untuk mendapatkan informasi tambahan, beberapa negara / ekonomi memutuskan untuk mendistribusikan akuesioner kepada guru untuk belajar tentang pelatihan dan pengembangan profesional merekapraktik mengajar dan kepuasan kerja mereka. Di beberapa negara / ekonomi, opsionalkuesioner dibagikan kepada orang tua, yang diminta untuk memberikan informasipersepsi dan keterlibatan dalam sekolah anak mereka, dukungan mereka untuk belajar di sekolahrumah, dan keterlibatan mereka sendiri dengan membaca dan dengan budaya lain.
Halaman 3

PENJELASAN PISA LENGKAP ASLI

BAB 1. APA ITU PISA? │ 13PISA 2018 PENILAIAN DAN KERANGKA ANALITIS © OECD 2019Negara / ekonomi juga dapat memilih tiga kuesioner opsional lain untuk siswa:satu bertanya kepada siswa tentang keakraban mereka dengan dan penggunaan informasi dan komunikasiteknologi; seseorang mencari informasi tentang pendidikan siswa hingga saat ini, termasuk apa sajagangguan di sekolah mereka, dan apakah dan bagaimana mereka sedang mempersiapkan karier masa depan;dan satu, didistribusikan untuk pertama kalinya dalam PISA 2018, memeriksa kesejahteraan dan kehidupan siswakepuasan.Negara / ekonomi yang melakukan penilaian literasi keuangan opsional jugamembagikan kuesioner literasi keuangan.Apa yang membuat PISA unikPISA adalah program internasional paling komprehensif dan ketat untuk menilai siswakinerja dan untuk mengumpulkan data tentang siswa, keluarga dan faktor kelembagaan yang dapat membantujelaskan perbedaan kinerja. Keputusan tentang ruang lingkup dan sifatpenilaian dan informasi latar belakang yang akan dikumpulkan dibuat oleh para ahli terkemukadi negara-negara yang berpartisipasi, dan dikemudikan bersama oleh pemerintah atas dasar shared,kepentingan berbasis kebijakan. Upaya dan sumber daya substansial dikhususkan untuk mencapai budayadan luasnya linguistik dan keseimbangan dalam materi penilaian. Jaminan kualitas yang ketatmekanisme diterapkan dalam terjemahan, pengambilan sampel, dan pengumpulan data. Sebagai konsekuensi,hasil dari PISA memiliki tingkat validitas dan reliabilitas yang tinggi.Fitur unik PISA meliputi:• orientasi kebijakan , yang menghubungkan data tentang hasil belajar siswa dengan data padalatar belakang dan sikap siswa terhadap pembelajaran, dan pada faktor-faktor kunci yang membentukpembelajaran mereka di dalam dan di luar sekolah; ini memperlihatkan perbedaan dalam kinerja danmengidentifikasi karakteristik siswa, sekolah dan sistem pendidikan ituberkinerja baik• konsep inovatif "literasi" , yang mengacu pada kapasitas siswa untuk mendaftarpengetahuan dan keterampilan, dan untuk menganalisis, bernalar dan berkomunikasi secara efektif sebagaimana merekamengidentifikasi, menafsirkan, dan menyelesaikan masalah dalam berbagai situasi• relevansi dengan pembelajaran seumur hidup , karena PISA meminta siswa untuk melaporkan motivasi merekauntuk belajar, kepercayaan mereka tentang diri mereka sendiri dan strategi belajar mereka• keteraturan , yang memungkinkan negara memantau kemajuan mereka dalam kunci pertemuanTujuan Pembelajaran• luasnya cakupan , yang dalam PISA 2018, mencakup 37 negara OECDdan 42 negara mitra dan ekonomi.Tes PISA 2018Penilaian PISA 2018 dilakukan terutama melalui komputer, seperti halnya untukpertama kali, pada tahun 2015. Instrumen penilaian berbasis kertas disediakan untuk negara-negarayang memilih untuk tidak menguji siswa mereka dengan komputer; tetapi penilaian berbasis kertas ituterbatas pada bacaan, matematika dan item tren sains saja (yaitu item yang dimilikisudah digunakan dalam penilaian berbasis kertas sebelumnya). Item baru dikembangkan hanya untukpenilaian berbasis komputer.
Halaman 4
14 │ BAB 1. APA ITU PISA?PISA 2018 PENILAIAN DAN KERANGKA ANALITIS © OECD 2019Penilaian berbasis komputer 2018 dirancang untuk menjadi tes dua jam. Setiap formulir tesdidistribusikan kepada siswa terdiri dari empat kelompok materi tes 30 menit. Desain tes initermasuk enam cluster dari kedua domain matematika dan sains untuk mengukurtren. Untuk domain utama bacaan, materi yang setara dengan 15 cluster 30 menit adalahdikembangkan. Materi ini disusun dalam unit bukan cluster, seperti PISA 2018penilaian membaca mengadopsi pendekatan adaptif, dimana siswa ditugaskan unitberdasarkan kinerja mereka di unit sebelumnya. Selain itu, empat cluster kompetensi globalitem dikembangkan untuk negara-negara yang memilih untuk berpartisipasi dalam penilaian itu.Ada berbagai bentuk tes untuk negara-negara yang berpartisipasi dalam kompetensi globalpenilaian. Siswa menghabiskan satu jam pada penilaian membaca (terdiri dari tahap intidiikuti oleh dua tahap baik yang lebih besar atau lebih sedikit kesulitan) ditambah satu jam untuk satu atau duamata pelajaran lain - matematika, sains atau kompetensi global. Untuk negara / ekonomiyang memilih untuk tidak berpartisipasi dalam penilaian kompetensi global, 36 formulir tes adalahsiap.Negara-negara yang memilih pengiriman berbasis kertas untuk survei utama diukur siswakinerja dengan 30 bentuk kertas dan pensil yang berisi item tren dari tiga intiDomain PISA. Item bacaan dalam formulir berbasis kertas ini didasarkan pada 2009membaca kerangka keaksaraan dan tidak termasuk item apa pun berdasarkan bacaan 2018 yang barukerangka kerja keaksaraan.Setiap formulir tes diisi oleh sejumlah siswa untuk memungkinkan estimasikemahiran pada semua item oleh siswa di setiap negara / ekonomi dan dalam subkelompok yang relevandalam suatu negara / ekonomi, seperti anak laki-laki dan perempuan, atau siswa dari berbagai sosial danlatar belakang ekonomi.Penilaian literasi keuangan ditawarkan sebagai opsi dalam PISA 2018 berdasarkan padakerangka kerja yang sama seperti yang dikembangkan untuk PISA 2012, yang juga digunakan pada tahun 2015. DalamSekolah yang berpartisipasi PISA, sampel siswa berbeda dari sampel utama yang duduktes literasi keuangan. Selain tes literasi keuangan satu jam, para siswa ini jugaduduk baik membaca satu jam atau satu jam penilaian matematika.Gambaran umum tentang apa yang dinilai di setiap domainKotak 1.2 menyajikan definisi dari tiga domain yang dinilai dalam PISA 2018. Definisi tersebutsemua menekankan pengetahuan fungsional dan keterampilan yang memungkinkan seseorang untuk berpartisipasi penuhmasyarakat. Partisipasi semacam itu membutuhkan lebih dari sekadar kemampuan untuk melakukan tugas-tugas yang dibebankaneksternal oleh, misalnya, seorang majikan; ini juga melibatkan kapasitas untuk berpartisipasipengambilan keputusan. Tugas yang lebih kompleks dalam PISA mengharuskan siswa untuk merenungkan danmengevaluasi materi, bukan hanya menjawab pertanyaan yang memiliki satu jawaban yang benar.Kotak 1.2. Definisi domainMembaca literasi : kapasitas individu untuk memahami, menggunakan, mengevaluasi, merenungkan danterlibat dengan teks untuk mencapai tujuan seseorang, mengembangkan pengetahuan dan potensi seseorang,dan berpartisipasi dalam masyarakat.Literasi matematika : kapasitas individu untuk merumuskan, menggunakan dan menafsirkanmatematika dalam berbagai konteks. Ini termasuk penalaran secara matematis dan penggunaan
Halaman 5
BAB 1. APA ITU PISA? │ 15PISA 2018 PENILAIAN DAN KERANGKA ANALITIS © OECD 2019konsep, prosedur, fakta dan alat matematika untuk menggambarkan, menjelaskan, dan memprediksifenomena.Literasi ilmiah : Kemampuan untuk terlibat dengan isu-isu yang berhubungan dengan sains, dan dengan ide-idesains, sebagai warga negara yang reflektif. Orang yang melek ilmiah bersedia untuk terlibatwacana beralasan tentang sains dan teknologi, yang membutuhkan kompetensi untukmenjelaskan fenomena secara ilmiah, mengevaluasi dan merancang penyelidikan ilmiah, dan menafsirkan datadan bukti secara ilmiah.Literasi membaca (Bab 2) didefinisikan sebagai kemampuan siswa untuk memahami, menggunakan, mengevaluasi,merenungkan dan terlibat dengan teks untuk mencapai tujuan mereka.PISA menilai kinerja siswa dalam membaca pertanyaan yang melibatkan variasidari:• Proses (aspek) : Siswa tidak dinilai berdasarkan keterampilan membaca yang paling dasar, sepertidiasumsikan bahwa sebagian besar siswa berusia 15 tahun akan memperoleh ini. Agak,siswa diharapkan untuk menunjukkan kemahiran mereka dalam mencari informasi,termasuk mengakses dan mengambil informasi dalam sepotong teks, danmencari dan memilih teks yang relevan; memahami teks, termasuk keduanyamemperoleh representasi dari makna literal teks dan membangun sebuahrepresentasi teks terintegrasi; dan mengevaluasi dan merefleksikan teks, termasukbaik menilai kualitas dan kredibilitasnya, dan merefleksikan konten dan formulir.• Format teks : PISA menggunakan teks sumber tunggal dan banyak sumber; statis danteks dinamis; teks berkelanjutan (disusun dalam kalimat dan paragraf);teks tidak kontinu (mis. daftar, formulir, grafik atau diagram); dan teks campuran.• Situasi : Ini ditentukan oleh penggunaan teks yang dikonstruksi. Untukcontoh, novel, surat pribadi atau biografi ditulis untuk penggunaan pribadi orang;dokumen atau pengumuman resmi untuk penggunaan umum; manual atau laporan untukpenggunaan pekerjaan; dan buku teks atau lembar kerja untuk penggunaan pendidikan. Sejak beberapasiswa dapat melakukan lebih baik dalam satu jenis situasi membaca daripada yang lain, kisaransituasi membaca termasuk dalam tes.Bentuk-bentuk bacaan baru yang telah muncul sejak kerangka kerja terakhir diperbarui pada 2009,terutama bacaan digital dan semakin beragamnya bahan yang tersedia dalam bentuk cetak danformulir digital, telah dimasukkan ke dalam kerangka kerja pembacaan PISA 2018 yang direvisi.Literasi matematika (Bab 3) didefinisikan sebagai kemampuan siswa untuk menganalisis, menalar danmengkomunikasikan ide secara efektif ketika mereka mengajukan, merumuskan, memecahkan dan menafsirkan solusimasalah matematika dalam berbagai situasi.PISA menilai kinerja siswa dalam matematika melalui pertanyaan yang berkaitan dengan:• Proses : PISA mendefinisikan tiga kategori proses: merumuskan situasisecara matematis; menggunakan konsep, fakta, prosedur matematika danpemikiran; dan menafsirkan, menerapkan, dan mengevaluasi hasil matematika. Merekamenggambarkan apa yang siswa lakukan untuk menghubungkan konteks masalah dengan matematikaterlibat dan dengan demikian menyelesaikan masalah. Ketiga proses ini masing-masing mengacu pada tujuhkemampuan matematika dasar: berkomunikasi; matematika;mewakili; berdebat dan berdebat; menyusun strategi untuk memecahkan masalah;menggunakan bahasa dan operasi simbolik, formal dan teknis; dan menggunakan
Halaman 6

PENJELASAN PISA LENGKAP ASLI

16 │ BAB 1. APA ITU PISA?PISA 2018 PENILAIAN DAN KERANGKA ANALITIS © OECD 2019alat matematika. Semua kemampuan ini mengacu pada pemecah masalah yang terperincipengetahuan matematika tentang topik individual.• Konten : Ini adalah empat ide (kuantitas; ruang dan bentuk; perubahan dan hubungan;dan ketidakpastian dan data) yang terkait dengan mata pelajaran kurikuler yang sudah dikenal, sepertiangka, aljabar dan geometri, dengan cara yang tumpang tindih dan kompleks.• Konteks : Ini adalah pengaturan di dunia siswa di mana masalahnyaditempatkan. Kerangka kerja mengidentifikasi empat konteks: pribadi, pendidikan, sosial danilmiah.Literasi ilmiah (Bab 4) didefinisikan sebagai kemampuan untuk terlibat dengan yang berkaitan dengan sainsmasalah, dan dengan ide-ide sains, sebagai warga negara yang reflektif. Orang yang melek ilmiahbersedia untuk terlibat dalam wacana beralasan tentang sains dan teknologi, yang membutuhkankompetensi menjelaskan fenomena secara ilmiah, mengevaluasi dan mendesain ilmiahpenyelidikan, dan menafsirkan data dan bukti secara ilmiah.PISA menilai kinerja siswa dalam sains melalui pertanyaan yang terkait dengan:• Konteks : Ini termasuk masalah pribadi, lokal / nasional dan global, keduanya saat inidan historis, yang menuntut pemahaman tentang sains dan teknologi.• Pengetahuan : Ini adalah pemahaman tentang fakta-fakta utama, konsep dan penjelasanteori yang membentuk dasar pengetahuan ilmiah. Pengetahuan seperti itu termasukpengetahuan tentang dunia alami dan artefak teknologi (kontenpengetahuan), pengetahuan tentang bagaimana ide-ide tersebut dihasilkan (pengetahuan prosedural),dan pemahaman tentang alasan yang mendasari prosedur ini danpembenaran untuk penggunaannya (pengetahuan epistemik).• Kompetensi : Ini adalah kemampuan untuk menjelaskan fenomena secara ilmiah, mengevaluasidan merancang penyelidikan ilmiah, dan menafsirkan data dan bukti secara ilmiah.Evolusi melaporkan kinerja siswa dalam PISAHasil dari PISA dilaporkan menggunakan skala. Awalnya, skor rata-rata di OECDnegara untuk ketiga subjek adalah 500 dengan standar deviasi 100, yang berarti itudua pertiga siswa di negara-negara OECD mencetak antara 400 dan 600 poin. Iniskor mewakili tingkat kemahiran dalam domain tertentu. Skor dalam siklus berikutnyaPISA dikalibrasi sehingga secara langsung dapat dibandingkan dengan siklus sebelumnya; karenanyaskor rata-rata di negara-negara OECD dalam siklus berikutnya sedikit berfluktuasisekitar 500 asli.Membaca literasi adalah domain utama pada tahun 2000, dan skala membaca dibagi menjadi limatingkat kemahiran pengetahuan dan keterampilan. Keuntungan utama dari pendekatan ini adalah ituberguna untuk menggambarkan apa yang dapat dilakukan sejumlah besar siswa dengan tugas yang berbedatingkat kesulitan. Hasil juga disajikan melalui tiga subskala "aspek" darimembaca: mengakses dan mengambil informasi; mengintegrasikan dan menafsirkan teks; danmerefleksikan dan mengevaluasi teks.PISA 2009 menandai pertama kalinya membaca membaca dinilai kembali sebagai domain utama.Hasil tren dilaporkan untuk ketiga domain - membaca, matematika dan sains.PISA 2009 menambahkan Level 6 ke skala bacaan untuk menggambarkan tingkat bacaan yang sangat tinggikecakapan. Tingkat kemahiran bawah, Level 1, dinamai Level 1a. Lainlevel, Level 1b, diperkenalkan untuk menggambarkan kinerja siswa yang mausebelumnya telah dinilai "di bawah Level 1", tetapi yang menunjukkan kecakapan dalam kaitannya dengan
Halaman 7
BAB 1. APA ITU PISA? │ 17PISA 2018 PENILAIAN DAN KERANGKA ANALITIS © OECD 2019item baru yang lebih mudah dari yang termasuk dalam penilaian PISA sebelumnya. Iniperubahan memungkinkan negara untuk mengetahui lebih banyak tentang jenis tugas siswa yang sangat tinggidan kemampuan membaca yang sangat rendah mampu menyelesaikan.Membaca sekali lagi domain utama penilaian di PISA 2018. Tiga subskaladijelaskan di atas diganti namanya "mencari informasi", "pemahaman", dan "mengevaluasidan mencerminkan ”. Dua subskala baru yang menggambarkan literasi siswa dengan sumber tunggal danteks multi-sumber juga dikembangkan. Selain itu, skala membaca diperpanjang olehmenambahkan Level 1c, yang lebih baik menggambarkan kemahiran siswa berprestasi terendah.Para siswa ini menunjukkan kemampuan membaca yang minimal; apa yang bisa mereka lakukan dalam membaca ternyata tidakdijelaskan dalam skala literasi membaca PISA sebelumnya.Kuesioner konteksUntuk mengumpulkan informasi kontekstual, PISA meminta siswa dan kepala sekolah untukmenanggapi kuesioner. Ini membutuhkan waktu sekitar 35 dan 45 menit untuk menyelesaikannya.Tanggapan terhadap kuesioner dianalisis dengan hasil penilaian untuk diberikan disekali gambaran yang lebih luas dan lebih bernuansa kinerja siswa, sekolah dan sistem.Bab 7 menyajikan kerangka kerja kuesioner secara rinci. Beberapa negara / ekonomi bertanyasiswa untuk mengisi kuesioner kesejahteraan tambahan, baru untuk PISA 2018; itukerangka kerja untuk kuesioner ini disajikan pada Bab 8. Kuesioner dari semuapenilaian sejak awal PISA tersedia di situs web PISA:www.oecd.org/pisa/.Kuesioner mencari informasi tentang:• Siswa dan latar belakang keluarga mereka, termasuk ekonomi, sosial dan budaya merekamodal• Aspek kehidupan siswa, seperti sikap mereka terhadap pembelajaran, kebiasaan mereka dankehidupan di dalam dan di luar sekolah, dan lingkungan keluarga mereka• Aspek sekolah, seperti kualitas manusia dan materi sekolahsumber daya, manajemen dan pendanaan publik dan swasta, proses pengambilan keputusan,praktik kepegawaian, dan penekanan kurikuler dan ekstrakurikuler sekolahkegiatan yang ditawarkan• Konteks instruksi, termasuk struktur dan tipe institusi, ukuran kelas,iklim kelas dan sekolah, dan kegiatan membaca di kelas• Aspek pembelajaran, termasuk minat, motivasi, dan keterlibatan siswa.Dalam PISA 2018, lima kuesioner tambahan ditawarkan sebagai opsi:• Kuesioner familiaritas komputer , dengan fokus pada ketersediaan dan penggunaanteknologi informasi dan komunikasi (TIK) dan kemampuan membawa siswatugas-tugas komputer dan sikap mereka terhadap penggunaan komputer• Kesejahteraan kesejahteraan , baru untuk PISA 2018, tentang persepsi siswa tentang merekakesehatan, kepuasan hidup, koneksi sosial, dan kegiatan di dalam dan di luar sekolah• Kuesioner karir pendidikan , yang mengumpulkan informasi tambahan tentanggangguan di sekolah, persiapan untuk karir masa depan siswa, dan dukungan denganpembelajaran bahasa
Halaman 8
18 │ BAB 1. APA ITU PISA?PISA 2018 PENILAIAN DAN KERANGKA ANALITIS © OECD 2019• Kuisioner orang tua , dengan fokus pada persepsi dan keterlibatan orang tua dalamsekolah anak mereka, dukungan mereka untuk belajar di rumah, pilihan sekolah, anak merekaharapan karir, dan latar belakang mereka (imigran / non-imigran)• Kuisioner guru , yang menanyakan tentang pelatihan awal dan gurupengembangan profesional, kepercayaan dan sikap mereka, dan praktik mengajar mereka;kuesioner terpisah dikembangkan untuk guru bahasa tes dan untukguru lain di sekolah.Informasi kontekstual dikumpulkan melalui siswa, sekolah dan opsionalkuesioner hanya terdiri dari sebagian informasi yang tersedia untuk PISA. Indikatormenggambarkan struktur umum sistem pendidikan (demografis dan ekonomi merekakonteks, seperti biaya, pendaftaran, karakteristik sekolah dan guru, dan beberapa lainnyaproses kelas) dan pengaruhnya terhadap hasil pasar kerja secara rutin dikembangkandan diterapkan oleh OECD (misalnya dalam publikasi tahunan OECD, Education at a Glance ).Proyek kolaboratifPISA adalah hasil dari upaya kolaborasi antara OECD dan pemerintah mitra. Itupenilaian dikembangkan secara kooperatif, disepakati oleh negara / ekonomi yang berpartisipasi,dan dilaksanakan oleh organisasi nasional. Kerjasama siswa, guru dankepala sekolah di sekolah yang berpartisipasi sangat penting untuk keberhasilan PISA di semua tahappengembangan dan implementasi.PISA Governing Board (PGB), terdiri dari perwakilan di tingkat kebijakan senordari semua negara / ekonomi yang berpartisipasi, menentukan prioritas kebijakan untuk PISA dalamkonteks tujuan OECD. Ini juga mengawasi kepatuhan terhadap prioritas ini selamaimplementasi program. PGB menetapkan prioritas untuk mengembangkan indikator,membuat instrumen penilaian dan hasil pelaporan. Para ahli dari berpartisipasinegara / ekonomi juga melayani kelompok kerja yang bertugas menghubungkan kebijakan PISAtujuan dengan keahlian teknis terbaik yang tersedia di berbagai domain penilaian.Dengan berpartisipasi dalam kelompok ahli ini, negara / ekonomi memastikan bahwa instrumenberlaku internasional dan memperhitungkan perbedaan budaya dan pendidikansistem.Negara / ekonomi yang berpartisipasi menerapkan PISA di tingkat nasional melalui NasionalPusat dikelola oleh Manajer Proyek Nasional, tunduk pada administrasi yang disepakatiProsedur. Manajer Proyek Nasional memainkan peran penting dalam memastikan implementasi ituberkualitas tinggi. Mereka juga memverifikasi dan mengevaluasi hasil survei, analisis, laporan danpublikasi.Kerangka baca dikembangkan oleh kelompok ahli membaca dengan bimbinganJohn de Jong dan Peter Foltz dari Pearson. Kelompok ahli membaca diketuai oleh Jean-François Rouet (Universitas Poitiers, Prancis). Pakar lain yang berkontribusi padaKerangka baca adalah Paul van den Broek (Universiteit Leiden, Belanda), KevinChung (Universitas Hong Kong), Sascha Schroeder (Institut Max Planck untuk Manusia)Development, Berlin, Jerman), Sari Sulkunen (Universitas Jyväskylä, Finlandia; jugamenjabat sebagai penghubung dengan kelompok ahli kompetensi global PISA), dan DominiqueLafontaine (Université de Liège, Belgia; juga menjabat sebagai penghubung ke PISAkelompok ahli kuesioner).Kerangka kerja kompetensi global dikembangkan oleh Mario Piacentini dari OECDSekretariat bersama Martyn Barrett (Universitas Surrey, Guildford, Inggris), Veronica Boix
Halaman 9
BAB 1. APA ITU PISA? │ 19PISA 2018 PENILAIAN DAN KERANGKA ANALITIS © OECD 2019Mansilla (Universitas Harvard dan Project Zero, Cambridge, AS), Darla Deardorff (DukeUniversity, Durham, USA) dan Hye-Won Lee (Institut Kurikulum dan Korea)Evaluation, Jincheon, Korea), dengan bantuan tambahan dari Rose Bolognini dan Natalie Foster(Sekretariat OECD), Natasha Robinson (Universitas Oxford, Inggris) dan Mattia Baiutti(Fondazione Intercultura, Colle di Val d'Elsa, Italia dan Universitas Udine, Italia). IniKerangka kerja dibangun di atas pekerjaan sebelumnya dari para ahli yang memimpin bagian pertama dari pengembanganpenilaian kompetensi global: Darla Deardorff (Universitas Duke, Durham, AS),David Kerr (Universitas Reading, Inggris dan YoungCitizens, London, Inggris), Peter Franklin(HTWG Konstanz University of Applied Sciences, Jerman), Sarah Howie (Universitas Indonesia)Pretoria, Afrika Selatan), Wing On Lee (Universitas Terbuka Hong Kong, Cina), Jasmine B-Y Sim (Institut Pendidikan Nasional, Singapura), dan Sari Sulkunen (Universitas Singapura)Jyväskylä, Finlandia).Kerangka kerja untuk kuesioner PISA 2018 dikembangkan oleh kuesionerkelompok ahli dengan bimbingan John de Jong dan Christine Rozunick dari Pearson. Itukelompok ahli kuesioner diketuai oleh Fons van de Vijver (Universitas Tilburg, theBelanda; Universitas Barat Laut, Potchefstroom, Afrika Selatan; dan UniversitasQueensland, Brisbane, Australia). Ahli lain yang berkontribusi pada pengembangankerangka kuesioner adalah Dominique Lafontaine (Université de Liège, Belgia),Sarah Howie (Universitas Pretoria, Afrika Selatan), Andrew Elliot (Universitas Indonesia)Rochester, AS), Therese Hopfenbeck (Universitas Oxford, Inggris) dan David Kaplan(Universitas Wisconsin-Madison, AS).Kerangka kerja untuk kuesioner kesejahteraan dikembangkan oleh Jonas Bertling (ETS).Kerangka kerja untuk penilaian matematika dan sains menerima jurusan terakhir merekapembaruan ketika mereka adalah domain utama penilaian (2012 untuk matematika, 2015 untukilmu).Pearson memfasilitasi pengembangan kerangka bacaan dan kuesioner. ItuEducational Testing Service (ETS) bertanggung jawab untuk mengelola dan mengawasi inisurvei; mengembangkan instrumen, penskalaan dan analisis; dan menciptakan elektronikperon. Mitra atau subkontraktor lain yang terlibat dengan ETS termasuk DepartemenPedagogi Eksperimental dan Teoretis di Université de Liège (aSPe) di Belgia danPusat Pengukuran dan Penelitian Pendidikan (EMACS) UniversitasLuksemburg di Luksemburg. Westat memikul tanggung jawab untuk operasi survei danpengambilan sampel dengan subkontraktor, Dewan Penelitian Pendidikan Australia (ACER).cApStAn Linguistic Quality Control bertanggung jawab untuk memastikan linguistikkesetaraan semua versi bahasa.Sekretariat OECD memiliki tanggung jawab manajerial keseluruhan untuk program ini, monitorpelaksanaannya sehari-hari, bertindak sebagai sekretariat untuk PGB, dibangunkonsensus antar negara, dan berfungsi sebagai teman bicara antara PGB dankontraktor bertanggung jawab atas implementasi. Sekretariat OECD juga bertanggung jawab untukmenghasilkan indikator, dan untuk analisis dan persiapan laporan internasionaldan publikasi, bekerja sama dengan kontraktor dan dalam konsultasi erat dengannegara / ekonomi yang berpartisipasi baik dalam kebijakan (PGB) maupun implementasinya(Manajer Proyek Nasional) tingkat.

PENJELASAN PISA LENGKAP ASLI

Halaman 10
Dari:PISA 2018 Penilaian dan Kerangka AnalisisAkses publikasi lengkap di:https://doi.org/10.1787/b25efab8-enSilakan kutip bab ini sebagai:OECD (2019), “What is PISA?”, Dalam PISA 2018 Assessment and Analytical Framework , OECD Publishing,Paris.DOI: https://doi.org/10.1787/2c7c311d-enKarya ini diterbitkan di bawah tanggung jawab Sekretaris Jenderal OECD. Pendapat yang diungkapkan dan argumendipekerjakan di sini tidak harus mencerminkan pandangan resmi negara-negara anggota OECD.Dokumen ini dan peta apa pun yang termasuk di sini tidak mengurangi status atau kedaulatan atas wilayah mana pun, terhadappenetapan batas dan batas internasional dan untuk nama wilayah, kota atau wilayah apa pun.Anda dapat menyalin, mengunduh atau mencetak konten OECD untuk Anda gunakan sendiri, dan Anda dapat menyertakan kutipan dari publikasi OECD,basis data dan produk multimedia dalam dokumen, presentasi, blog, situs web, dan materi pengajaran Anda sendiri, disediakanbahwa pengakuan OECD yang sesuai sebagai sumber dan pemilik hak cipta diberikan. Semua permintaan untuk penggunaan publik atau komersial danhak terjemahan harus diserahkan ke rights@oecd.org. Permintaan izin untuk memfotokopi bagian dari bahan ini untukpenggunaan publik atau komersial akan ditujukan langsung ke Pusat Izin Hak Cipta (CCC) di info@copyright.com atauPusat français d'p eksploitasi du droit de copie (CFC) di contact@cfcopies.com.

PENJELASAN PISA LENGKAP ASLI

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "PENJELASAN PISA LENGKAP ASLI"

Post a Comment