Search This Blog

PPG Prajabatan Filosofi Pendidikan Indonesia Topik 1 Mulai Dari Diri Tugas 1 Refleksi Pengalaman Bersekolah

Tugas 1: Refleksi Pengalaman Bersekolah

  • Pengalaman apa yang membuat Anda menjadi rindu bersekolah, atau, pengalaman apa yang membuat Anda kehilangan motivasi untuk bersekolah? (pilih salah satu)
  • Peristiwa apa yang membuat Anda merasa berkembang dan belajar sebagai seorang pembelajar?
  • Siapa sosok guru yang menginspirasi Anda?
  • Apa pengalaman yang berkesan bersama guru tersebut?  
  • Pernahkah Anda menduplikasi atau mengadaptasi yang dilakukan oleh guru tersebut di kelas yang Anda ampu? Apa yang Anda lakukan?

Pengalaman yang membuat saya menjadi rindu bersekolah adalah ketika menempuh pendidikan tinggi yaitu sarjana. Saya merasa bersyukur dapat dipertemukan dengan dosen-dosen yang hebat dan kompeten serta teman-teman yang supportif dan kompetitif. Oleh karena itu terbentuklah lingkungan belajar yang sangat positif, sehingga saya dapat berkembang dengan maksimal ketika belajar di kampus. Dosen selalu menyiapkan materi ajar dengan baik sehingga saya dan teman teman saya dapat memahaminya secara mendalam. Dosen juga mampu menciptakan lingkungan belajar yang kompetitif sehingga saya dan teman-teman semakin terpacu untuk meningkatkan kapasitas diri dan berlomba-lomba mendapatkan nilai terbaik.

Peristiwa yang membuat saya merasa berkembang dan belajar sebagai seorang pembelajar adalah ketika pandemi covid-19. Pada saat itu semua perkuliahan dilaksanakan secara daring sehingga diperlukan adaptasi terlebih dahulu. Awalnya, saya memiliki kendala pada koneksi internet dan perangkat yang kurang memadai. Saya bersyukur memiliki keluarga yang mendukung dengan baik sehingga masalah tersebut dapat segera teratasi. Tetapi ketika menempuh mata kuliah aljabar abstrak, saya merasa sangat kesulitan untuk memahami materinya dan teman-teman saya juga kesulitan serta dosen mengalami kendala pada koneksi jaringan. Akhirnya saya mencoba mencari sumber belajar yang lain melalui youtube dan menemukan channel youtube “Bermatematika” miliknya Pak Bara Dosen ITB. Saya membagikan link video beliau ke grup WA mata kuliah aljabar abstrak dengan tujuan agar diizinkan untuk dijadikan sumber belajar. Ternyata Pak Bara adalah dosennya dosen saya ketika kuliah S2 di ITB. Alhasil dosen saya menjadikan video Pak Bara menjadi sumber belajar dan juga membuat channel youtube sendiri. Oleh karena itu saya merasa berkembang dan belajar sebagai seorang pembelajar.

Sosok guru yang menginspirasi saya adalah Ustadzah Anisa yaitu Dosen Pogram Studi Pendidikan Matematika di STKIP Al Hikmah Surabaya, beliau juga menjabat sebagai Ketua LPM dan dosen pembimbing akademik serta dosen pembimbing skripsi saya. Gaya mengajar beliau santai tetapi sangat bermakna. Beliau lulusan S1 dan S2 UNESA melalui Program Impome di Utrecht University. Beliau selalu menyiapkan materi ajar dengan baik sehingga mudah untuk dipahami. Beliau juga selalu mengikuti perkembangan pendidikan terbaru, baik di Indonesia maupun di dunia. Beliau sering membagikan website, buku, aplikasi yang dapat meningkatkan kapasitas diri sebagai mahasiswa dan sebagai rujukan ketika mengajar kelak. Beliau selalu mengingatkan bahwa matematika adalah ilmu alat yaitu bahasa untuk memahami alam semesta. Selain mengajar matemtika beliau juga selalu mengingatkan untuk belajar Bahasa Inggris dengan sungguh-sungguh, karena rujukan utama yang berkualitas biasanya berbahasa inggris. Dan yang paling penting, beliau selalu berpesan agar mahasiswanya menjadi pribadi pembelajar sepanjang hayat agar senantiasa dapat bersaing dengan perubahan zaman yang sangat pesat.

Pengalaman yang berkesan bersama guru tersebut adalah ketika menyelesaikan skripsi. Saya termasuk mahasiswa yang telat dalam memulai mengerjakan skripsi, karena pada saat itu saya masih sibuk mengerjakan PKMRSH. Tapi berkat bimbingan beliau saya dapat menyelesaikannya tepat waktu. Tema besar skripsi saya merupakan saran dari beliau, saya hanya perlu mengembangkannya. Sebelum mata kuliah skripsi, saya pernah menulis artikel ilmiah dan berhasil menerbitkannya di jurnal Mosharafa Sinta 3 pada mata kuliah kualitatif yang diampu oleh beliau. Setiap kali saya merasa buntu ketika mengerjakan skripsi, saya selalu konsultasi dengan beliau untuk meminta saran, beliau menjelaskan dengan bahasa yang mudah dipahami dan memberikan sumber rujukan. Pada akhirnya, tenggat waktu sudah hamper habis, saya disarankan untuk mengerjakan skripsi di ruangan beliau. Sehingga tiap hari saya ke kampus dan setiap hari saya merevisi skripsi. Oleh karena itu saya dapat lukus tepat waktu.

Saya pernah mengadaptasi yang dilakukan oleh dosen tersebut di kelas yang saya ampu. Saya memanfaatkan website yang pernah dibagikan beliau yaitu IXL dan math is fun. Saya memanfaatkan soal-soal di website tersebut untuk memperdalam pemahaman peserta didik. Saya juga menduplikasi cara mengajar beliau yaitu senantiasa menyelipkan mengenai pentingnya menjadi pribadi pembelajar sepanjang hayat, menekankan bahwa matematika adalah ilmu alat yaitu bahasa untuk memahami alam semesta. Saya juga menduplikasi gaya mengajar beliu yaitu santai dengan bahasa yang mudah dipahami. Saya juga berusaha sebaik mungkin dalam menyiapkan materi ajar seperti beliau menyiapakan materi kuliah. 

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "PPG Prajabatan Filosofi Pendidikan Indonesia Topik 1 Mulai Dari Diri Tugas 1 Refleksi Pengalaman Bersekolah"

Post a Comment