Search This Blog

PPG Prajabatan Pemahaman tentang Peserta Didik dan Pembelajaran Topik 3 Elaborasi pemahaman

Setelah mempelajari topik ini lebih dalam dan memberikan pendapat secara mendetail mengenai asesmen yang dapat diterapkan pada proses pembelajaran di sebuah kelas, Anda diminta untuk menjawab pertanyaan berikut.

1.    Bagaimana sebuah asesmen dapat mengukur ketercapaian tujuan pembelajaran?

Sebuah penilaian dapat mengukur pencapaian tujuan pembelajaran dengan efektif jika penilaian tersebut dirancang secara proporsional, valid, dan sesuai dengan fungsinya. Hasil penilaian, baik berupa data kuantitatif maupun kualitatif, dapat dianalisis setelah penilaian dilakukan. Pendidik perlu mengembangkan kriteria yang jelas untuk memetakan pencapaian tujuan pembelajaran, dan kriteria tersebut sebaiknya dirumuskan saat pendidik merencanakan pembelajaran, baik dalam bentuk rencana pelaksanaan maupun modul pengajaran.

2.    Bagaimana sebuah asesmen dapat memberi ruang pada peserta didik untuk memberikan umpan balik pada proses pembelajaran?

Asesmen formatif digunakan selama proses pembelajaran untuk memantau perkembangan peserta didik. Hasil tersebut dapat memberikan informasi tentang sejauh mana peserta didik telah mencapai tujuan pembelajaran. Sehingga pendidik dapat menyesuaikan metode pengajaran, memberikan umpan balik yang sesuai dan menyediakan dukungan tambahan jika diperlukan.

3.    Bagaimana jika asesmen yang telah diterapkan dalam proses pembelajaran belum dapat memenuhi tujuan pembelajaran?

Jika pelaksanaan penilaian tidak mencapai tujuan pembelajaran, diperlukan penyesuaian ulang pada perencanaan pembelajaran, termasuk metode dan model pembelajarannya. Hal ini disebabkan ketidaksesuaian perencanaan dengan kebutuhan siswa. Ketidaksesuaian ini dapat terlihat ketika hasil penilaian tidak sesuai dengan tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan. Oleh karena itu guru sebaiknya melakukan asesmen diagnostik kognitif dan diagnostik non kognitif agar mengetahui kebutuhan belajar dan karakteristik peserta didik.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "PPG Prajabatan Pemahaman tentang Peserta Didik dan Pembelajaran Topik 3 Elaborasi pemahaman"

Post a Comment