Setelah mempelajari tentang asesmen awal, formatif dan sumatif, isilah tabel berikut ini!
Asesmen Awal |
Manfaat Bagi Guru | Manfaat Bagi Peserta Didik |
- Mengetahui sejauh mana penguasaan materi prasyarat peserta didik, jika ada peserta didik yang belum menguasainya maka akan dilakukan matrikulasi.
- Mengetahui tingkat kemampuan pada setiap peserta didik sehingga dapat merancang pembelajaran yang berdiferensiasi.
- Mengetahui gaya belajar peserta didik, sehingga dapat menyusun rencana pembelajaran yang sesuai.
- Mengetahui latar belakang peserta didik, sehingga dapat menyusun rencana pembelajaran yang sesuai.
- Mengetahui motivasi beajar peserta didik, sehingga guru dapat berusaha membuat pembelajaran yang dapat meningkatkan motivasi belajar siswa.
- Mengetahui kemampuan sosial emosional peserta didik, sehingga dapat menyesuaikan menyusun pembelajaran yang sesuai.
| - Mengetahui materi yang menjadi prasyarat, kemudian jika ada yang belum dikuasai, peserta didik segera belajar agar dapat mengikuti pembelajaran dengan baik.
- Mengetahui tingkat kemampuan pada diri sendiri, sehingga dapat membandingkannya dengan orang lain, yang harapannya akan meningkatkan motivasi belajar.
- Lebih mudah dalam menguasai materi karena guru mendesain pembelajaran sesuai gaya belajar peserta didik.
- Merasa lebih diperhatikan dan belajar dengan sepenuh hati karena guru memperhatikan latar belakangnya.
- Peserta didik menjadi lebih termotivasi untuk belajar karena guru memperhatikan hal tersebut.
- Peserta didik tidak merasa tertekan dan merasa nyaman belajar di sekolah.
|
Asesmen Formatif |
Manfaat Bagi Guru | Manfaat Bagi Peserta Didik |
- Mengetahui sejauh mana ketercapaian tujuan pembelajaran, jika belum tercapai maka dapat segera melakukan penguatan.
- Menjadikannya sebagai refleksi pembelajaran sehingga dapat dijadikan acuan untuk memperbaiki pembelajaran selanjutnya.
| - Mengetahui sejauh mana penguasaan materi, jika belum menguasai materi, maka akan belajar lagi.
- Menjadikannya sebagai refleksi diri dengan membandingkannya dengan teman sekelas, sehingga dapat menjadi acuan untuk memperbaiki diri pada pembelajaran selanjutnya.
|
Asesmen Sumatif |
Manfaat Bagi Guru | Manfaat Bagi Peserta Didik |
- Mengetahui hasil akhir ketercapaian tujuan pembelajaran, sehingga dapat dijadikan sebagai acuan untuk memperbaiki pembelajaran selanjutnya.
| - Mengetahui hasil akhir pembelajaran sehingga dapat dijadikan sebagai apresiasi terhadap diri sendiri, jika nilainya bagus maka akan berusaha dipertahankan, tapi jika nilainya kurang bagus maka akan berusaha untuk meningkatkannya.
|
Postingan terkait:
Belum ada tanggapan untuk "PPG Prajabatan Prinsip Pengajaran dan Asesmen Pembelajaran Topik 2 Eksplorasi Konsep Tabel Asesmen"
Post a Comment