Ujian Akhir Semester ini merupakan aksi nyata penerapan pembelajaran berupa
pengembangan ‘Kampanye Praktik Baik’, dengan ketentuan sebagai berikut:
● Gunakan hasil observasi pada proyek tengah semester yang
diimplementasikan ke dalam ‘Praktik Baik’ sesuai dengan pengetahuan
yang telah Anda dapatkan pada mata kuliah ini.
● Selain menjelaskan praktik baik yang ada, silahkan Anda memberikan
alternatif strategi, teknik dan metode pembelajaran yang sesuai dengan
perspektif sosiokultural.
● Silahkan Anda sajikan ‘Kampanye Praktik Baik’ dalam media kreatif
seperti video, film dokumenter, dan lain sebagainya yang dapat
dipublikasikan melalui berbagai media sosial yang ada.
● Silahkan mengupload ‘Kampanye Praktik Baik’ Anda pada Portal Praktik
Baik Liga Kampanye Penguatan Karakter adalah wadah apresiasi bagi
berbagai pemangku kepentingan termasuk para guru, tenaga
kependidikan, maupun praktisi pendidikan yang memiliki perhatian yang
tinggi terhadap penerapan dan penyebaran praktik baik Penguatan
Karakter di tempat tugas masing-masing, baik berupa karya maupun
kegiatan. Dikemas melalui sebuah aplikasi dengan konsep gamifikasi
(gamification) menarik dimana setiap sahabat karakter (sebutan bagi
pengguna portal berbagi praktik baik) yang membagikan praktik baiknya
berupa kegiatan atau karya kreatif akan mendapatkan poin dan masuk
dalam papan peringkat (leaderboard). Anda dapat mengakses informasi
melalui YouTube: https://www.youtube.com/watch?v=Vz8Rom_dppo
pada Akun: Cerdas Berkarakter Kemdikbud RI atau melalui tautan
Website berikut:
https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2021/09/kemendikbudristekluncurkan-portal-praktik-baik-liga-kampanye-penguatan-karakter
Kampanye Praktik Baik memuat: ● Judul ● Ringkasan Intervensi terkait penerapan scaffolding pada ‘Zone of Proximal Development (ZPD) ● Hasil yang dicapai terkait penerapan scaffolding pada ‘Zone of Proximal Development (ZPD) ● Pembelajaran dan Replikasi terkait penerapan scaffolding pada ‘Zone of Proximal Development (ZPD) Untuk referensi, Anda dapat mempelajari portal belajar.id dengan akun Anda (https://guru.kemdikbud.go.id/perangkat-ajar/) atau sumber lain yang sudah banyak tersedia di internet, seperti Kompendium Praktik Baik - UNICEF berikut ini: https://www.unicef.org/indonesia/media/10701/file/Kompendium%20Praktik%20Baik.pdf |
● Seluruh ‘Kampanye Praktik Baik’ yang disusun didokumentasikan dalam
satu folder, sebagai portofolio kelas, beserta semua tugas dan referensi
lainnya.
● Rubrik penilaian
A | B | C | D |
Mahasiswa kurang/tidak menganalisis konteks daerah yang melatari penerapan scaffolding pada ‘Zone of Proximal Development (ZPD) Mahasiswa merancang penerapan - | Mahasiswa menganalisis secara singkat konteks penerapan penerapan scaffolding pada ‘Zone of Proximal Development (ZPD) Mahasiswa merancang rencana penerapan scaffolding - - | Mahasiswa menganalisis konteks penerapan penerapan scaffolding pada ‘Zone of Proximal Development (ZPD) Mahasiswa merancang penerapan scaffolding pada ‘Zone of Proximal - - | Mahasiswa menganalisis secara tajam konteks penerapan penerapan scaffolding pada ‘Zone of Proximal Development (ZPD) Mahasiswa merancang penerapan scaffolding pada ‘Zone |
scaffolding pada ‘Zone of Proximal Development (ZPD), dengan alur yang kurang sistematis Mahasiswa tidak menyertakan referensi yang mendukung penerapan penerapan scaffolding pada ‘Zone of Proximal Development (ZPD) Mahasiswa menyelesaikan tugas melebihi tenggat waktu - - | pada ‘Zone of Proximal Development (ZPD), dengan alur yang kurang sistematis Mahasiswa tidak menyertakan referensi yang mendukung penerapan penerapan scaffolding pada ‘Zone of Proximal Development (ZPD) Mahasiswa menyelesaikan tugas tepat waktu - - | Development (ZPD, dengan alur yang sistematis Mahasiswa menyertakan beberapa referensi yang mendukung penerapan penerapan scaffolding pada ‘Zone of Proximal Development (ZPD) Mahasiswa menyelesaikan tugas tepat waktu - - | of Proximal Development (ZPD), dengan alur yang sistematis Mahasiswa menyertakan referensi yang lengkap untuk mendukung penerapan penerapan scaffolding pada ‘Zone of Proximal Development (ZPD) Mahasiswa menyelesaikan tugas tepat waktu |
Belum ada tanggapan untuk "PPG Prajabatan Perspektif Sosiokultural dalam Pendidikan Indonesia Ujian Akhir Semester UAS"
Post a Comment