kesulitan mengerjakan tugas? saya siap membantu, silahkan wa 082257518802

PPG Prajabatan Perspektif Sosiokultural dalam Pendidikan Indonesia Ujian Akhir Semester UAS


  Ujian Akhir Semester ini merupakan aksi nyata penerapan pembelajaran berupa
pengembangan ‘Kampanye Praktik Baik’, dengan ketentuan sebagai berikut:
Gunakan hasil observasi pada proyek tengah semester yang
diimplementasikan ke dalam ‘Praktik Baik’ sesuai dengan pengetahuan
yang telah Anda dapatkan pada mata kuliah ini.
Selain menjelaskan praktik baik yang ada, silahkan Anda memberikan
alternatif strategi, teknik dan metode pembelajaran yang sesuai dengan
perspektif sosiokultural.
Silahkan Anda sajikan ‘Kampanye Praktik Baik’ dalam media kreatif
seperti video, film dokumenter, dan lain sebagainya yang dapat
dipublikasikan melalui berbagai media sosial yang ada.
Silahkan mengupload ‘Kampanye Praktik Baik’ Anda pada Portal Praktik
Baik Liga Kampanye Penguatan Karakter adalah wadah apresiasi bagi
berbagai pemangku kepentingan termasuk para guru, tenaga
kependidikan, maupun praktisi pendidikan yang memiliki perhatian yang
tinggi terhadap penerapan dan penyebaran praktik baik Penguatan
Karakter di tempat tugas masing-masing, baik berupa karya maupun
kegiatan. Dikemas melalui sebuah aplikasi dengan konsep gamifikasi
(gamification) menarik dimana setiap sahabat karakter (sebutan bagi
pengguna portal berbagi praktik baik) yang membagikan praktik baiknya
berupa kegiatan atau karya kreatif akan mendapatkan poin dan masuk
dalam papan peringkat (leaderboard). Anda dapat mengakses informasi
melalui YouTube:
https://www.youtube.com/watch?v=Vz8Rom_dppo
pada Akun: Cerdas Berkarakter Kemdikbud RI atau melalui tautan
Website berikut:
https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2021/09/kemendikbudristekluncurkan-portal-praktik-baik-liga-kampanye-penguatan-karakter

Kampanye Praktik Baik memuat:
Judul
Ringkasan Intervensi terkait penerapan scaffolding pada ‘Zone of Proximal
Development (ZPD)
Hasil yang dicapai terkait penerapan scaffolding pada ‘Zone of Proximal
Development (ZPD)
Pembelajaran dan Replikasi terkait penerapan scaffolding pada ‘Zone of
Proximal Development (ZPD)
Untuk referensi, Anda dapat mempelajari portal belajar.id dengan akun Anda
(
https://guru.kemdikbud.go.id/perangkat-ajar/) atau sumber lain yang sudah banyak
tersedia di internet, seperti Kompendium Praktik Baik - UNICEF berikut ini:
https://www.unicef.org/indonesia/media/10701/file/Kompendium%20Praktik%20Baik.pdf
Tugas dikumpulkan pada pertemuan ke-16.
Seluruh ‘Kampanye Praktik Baik’ yang disusun didokumentasikan dalam
satu folder, sebagai portofolio kelas, beserta semua tugas dan referensi
lainnya.
Rubrik penilaian
A B C D
Mahasiswa
kurang/tidak
menganalisis konteks
daerah yang melatari
penerapan scaffolding
pada ‘Zone of
Proximal Development
(ZPD)
Mahasiswa
merancang penerapan
-
Mahasiswa
menganalisis secara
singkat konteks
penerapan penerapan
scaffolding
pada ‘Zone
of Proximal
Development (ZPD)
Mahasiswa
merancang rencana
penerapan scaffolding
-
-
Mahasiswa
menganalisis konteks
penerapan penerapan
scaffolding
pada ‘Zone
of Proximal
Development (ZPD)
Mahasiswa
merancang penerapan
scaffolding
pada ‘Zone
of Proximal
-
-
Mahasiswa
menganalisis secara
tajam konteks
penerapan penerapan
scaffolding
pada ‘Zone
of Proximal
Development (ZPD)
Mahasiswa
merancang penerapan
scaffolding
pada ‘Zone

scaffolding pada ‘Zone
of Proximal
Development (ZPD)
,
dengan alur yang
kurang sistematis
Mahasiswa tidak
menyertakan referensi
yang mendukung
penerapan penerapan
scaffolding
pada ‘Zone
of Proximal
Development (ZPD)
Mahasiswa
menyelesaikan tugas
melebihi tenggat
waktu
-
-
pada ‘Zone of
Proximal Development
(ZPD)
, dengan alur
yang kurang
sistematis
Mahasiswa tidak
menyertakan referensi
yang mendukung
penerapan penerapan
scaffolding
pada ‘Zone
of Proximal
Development (ZPD)
Mahasiswa
menyelesaikan tugas
tepat waktu
-
-
Development (ZPD,
dengan alur yang
sistematis
Mahasiswa
menyertakan
beberapa referensi
yang mendukung
penerapan penerapan
scaffolding
pada ‘Zone
of Proximal
Development (ZPD)
Mahasiswa
menyelesaikan tugas
tepat waktu
-
-
of Proximal
Development (ZPD)
,
dengan alur yang
sistematis
Mahasiswa
menyertakan referensi
yang lengkap untuk
mendukung
penerapan penerapan
scaffolding
pada ‘Zone
of Proximal
Development (ZPD)
Mahasiswa
menyelesaikan tugas
tepat waktu
- - 

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "PPG Prajabatan Perspektif Sosiokultural dalam Pendidikan Indonesia Ujian Akhir Semester UAS"

Post a Comment