Moda : Kelompok
Tujuan Pembelajaran Khusus (CPMK 2,3,4,8)
- Menguasai dan menerapkan konsep kompetensi sosial emosional menurut CASEL pada diri sendiri dan pada murid.
- Mampu memetakan kompetensi sosial emosional peserta didik dengan mempertimbangkan latar belakang, kebutuhan dan tahap perkembangan peserta didik.
- Mampu merencanakan tujuan pengembangan kompetensi sosial emosional diri sendiri dan peserta didik dengan memahami perbedaan individu.
- Mampu bekerja sebagai guru yang menunjukkan kompetensi sosial emosional
Halo para mahasiswa,
Pada bagian ini Anda akan diminta untuk berkolaborasi dan berdiskusi dengan rekan Anda (bisa dilakukan daring atau luring sesuai dengan kondisi dan kebutuhan).
1. Lembar Kerja 2.4
Diskusikan kondisi atau kasus di bawah ini dalam kelompok (minimal 2 orang – atau sesuai pembagian dalam kelas)
- Silakan diskusikan kondisi berikut:
- Apa tantangan bagi guru untuk menjadi contoh/teladan khususnya dalam hal sosial-emosional?
- Kasus yang ada berkaitan dengan hal di atas berdasarkan pada pengalaman Anda mengamati proses belajar mengajar yang pernah Anda ikuti!
- Bagaimana sekolah bisa mendukung pembelajaran sosial-emosional? Apa saja tantangan bagi sekolah?
- Apakah karakteristik peserta didik bisa mempengaruhi penerapan pembelajaran sosial-emosional? Jelaskan? Bagaimana menghadapi kendala tersebut?
Apakah anda pernah menonton film LASKAR PELANGI?
Bahan diskusi selanjutnya, silakan Anda simak tayangan trailler berikut ini.
Situasi di sekolah dalam film laskar pelangi
Gambar 4. Situasi di sekolah dalam film Laskar Pelangi (1)
Gambar 5. Situasi di sekolah dalam film Laskar Pelangi (2)
Petunjuk penggunaan forum diskusi:
- Klik Reply pada topik diskusi yang diberikan peserta lain untuk memberikan komentar.
Belum ada tanggapan untuk "PPG Prajabatan Pembelajaran Sosial Emosional Topik 2 02.01.3-T2-4a Ruang Kolaborasi (LK 2.4)"
Post a Comment