Moda: Individu/Kelompok
Tujuan Pembelajaran Khusus (CPMK 7, 9, 11, 12)
- Mampu mengevaluasi keberhasilan strategi yang diterapkan dalam mengembangkan kelima kompetensi sosial-emosional menurut CASEL. (P4)
- Mampu membuat keputusan sebagai guru yang independen dengan mendasarkan pada keterampilan berpikir kritis, sistematis, kreatif dan reflektif. (KU2)
- Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengaudit, mengamankan dan menemukan kembali data dan informasi untuk keperluan hasil kerja profesinya sebagai guru. (KU9)
- Mampu menjadi teladan bagi peserta didik dalam hal mengembangkan pengetahuan untuk semakin memahami kompetensi sosial-emosional diri sendiri dan peserta didik.
Untuk bisa menciptakan suasana belajar yang baik, guru harus mampu:
- Mengidentifikasi gaya belajar siswa dan kondisi psikologis siswa saat ini.
- Melakukan pencatatan perilaku untuk membuat program perubahan.
- Merancang program intervensi/tindakan untuk menciptakan lingkungan belajar yang baik.
Refleksi:
Setelah Anda mengetahui bagaimana pembelajaran berbasis pengalaman (experiential learning) dan bagaimana menciptakan lingkungan belajar yang menyenangkan bagaimana Anda sebagai guru membuat rancangan yang diminta pada bagian sebelumnya menjadi projek nyata?
Lembar Kerja 4.5
Tuliskan rancangan/rencana aksi nyata terkait dengan program perubahan perilaku yang akan Anda lakukan di sekolah:
Rencana Sesuai Dengan Apa Yang Telah Anda Demonstrasikan | Bagaimana Aplikasinya | Hambatan/Tantangan Yang Akan Dihadapi |
|
|
|
Buatlah program, lakukan pencatatan, dan bagaimana hasilnya? Apakah ada perubahan? Lakukan evaluasi dari hasil tersebut.
|
Belum ada tanggapan untuk "PPG Prajabatan Pembelajaran Sosial Emosional Topik 4 02.01.3-T4-8 Aksi Nyata (LK 4.5)"
Post a Comment