kesulitan mengerjakan tugas? saya siap membantu, silahkan wa 082257518802

Soal tes pppk di grup wa hari ke 27 dari rumpen

 Soal 1 Manajerial 


Dalam menghadapi ketidaksepakatan dalam tim, strategi apa yang Anda gunakan untuk memastikan setiap anggota tim tetap merasa dihargai dan didengar?


A. Mengadakan sesi diskusi terbuka di mana setiap anggota tim dapat menyampaikan pendapatnya tanpa takut dihakimi.


B. Menggunakan teknik mendengarkan aktif saat berkomunikasi dengan anggota tim. 


C. Membuat solusi kompromi yang dapat diterima oleh semua pihak.


D. Mengadakan sesi refleksi setelah ketidaksepakatan untuk memahami perspektif masing-masing anggota.

Soal 2 Sosialkultural 


Anda harus bekerja sama dengan seorang kolega yang memiliki pandangan politik yang berbeda. Bagaimana Anda akan memastikan bahwa perbedaan pandangan tidak menghambat kerjasama tim?


A. Mengusulkan untuk fokus pada tujuan kerja bersama dan menghindari diskusi politik saat bekerja.


B. Menghargai pendapatnya namun memastikan bahwa perbedaan pandangan tidak mempengaruhi kualitas kerja.


C. Mengajaknya berbicara secara terbuka tentang cara kerja sama yang efektif meskipun memiliki pandangan berbeda.


D.  Mengajukan untuk selalu berkomunikasi dengan asertif dan menghindari asumsi atau prasangka.

Soal 3 wawancara 


Seorang pegawai baru di instansi pemerintah mendapati bahwa beberapa rekan kerja sering datang terlambat dan mengabaikan aturan jam kerja. Pegawai tersebut merasa dilema antara mengikuti kebiasaan yang ada atau tetap menaati aturan yang berlaku. Apa tindakan terbaik yang sebaiknya dilakukan oleh pegawai tersebut?  



A. Tetap menaati aturan jam kerja dan berusaha menjadi contoh yang baik, tetapi tidak perlu menegur langsung agar tidak menimbulkan ketegangan.


B. Mengikuti aturan dengan disiplin dan secara perlahan mengajak rekan kerja untuk lebih menghargai waktu dengan cara yang persuasif. 


C. Menyesuaikan diri dengan kebiasaan yang ada terlebih dahulu agar tidak dianggap berbeda, lalu perlahan mencari waktu yang tepat untuk mulai disiplin.


D. Langsung melaporkan pelanggaran tersebut kepada atasan agar ada tindakan yang lebih tegas terhadap kedisiplinan di tempat kerja.

Soal 4 SJT 


Selama sesi belajar kelompok, Anda menyadari bahwa Siti dan Ayu tampaknya tidak bisa bekerja sama. Mereka seringkali berargumen tentang cara menyelesaikan tugas dan hal ini mengganggu konsentrasi kelompok lainnya. Keduanya adalah siswa yang pintar, tetapi memiliki pendekatan berbeda dalam menyelesaikan tugas. Sebagai guru, apa yang akan Anda lakukan untuk memfasilitasi kolaborasi yang lebih baik antara Siti dan Ayu tanpa menghambat proses belajar kelas?


A. Anda akan memindahkan salah satu dari mereka ke kelompok lain untuk menghindari lebih banyak konflik.

B. Anda akan memberikan tugas individual kepada keduanya sehingga mereka tidak perlu bekerja sama.

C. Anda akan menyediakan waktu khusus setelah kelas untuk mendengar kedua belah pihak dan memberikan saran tentang bagaimana bekerja sama dengan efektif.

D. Anda akan meminta seluruh kelas untuk memberikan pendapat mereka tentang siapa yang benar antara Siti dan Ayu.

E. Anda akan memfasilitasi sesi diskusi kelas tentang pentingnya kerjasama tim dan bagaimana menghargai pendapat orang lain, dengan mencontohkan tanpa menyebut nama Siti dan Ayu.

Pembahasan soal 1


A. Mengadakan sesi diskusi terbuka di mana setiap anggota tim dapat menyampaikan pendapatnya tanpa takut dihakimi.

(Poin 4): Memfasilitasi diskusi terbuka memastikan bahwa setiap anggota tim memiliki kesempatan yang sama untuk berbicara dan mendengar. Ini menciptakan lingkungan yang inklusif dan mendukung, di mana ketidaksepakatan dapat diselesaikan dengan konstruktif.


B. Menggunakan teknik mendengarkan aktif saat berkomunikasi dengan anggota tim. 

(Poin 3): Mendengarkan aktif menunjukkan rasa hormat dan penghargaan terhadap pendapat orang lain. Dengan benar-benar memahami perspektif setiap anggota, solusi yang lebih baik dan komprehensif dapat dicapai.


C. Membuat solusi kompromi yang dapat diterima oleh semua pihak.

(Poin 2): Kompromi penting dalam menyelesaikan ketidaksepakatan, tetapi proses mencapai kompromi itu sendiri membutuhkan diskusi terbuka dan mendengarkan aktif.


D. Mengadakan sesi refleksi setelah ketidaksepakatan untuk memahami perspektif masing-masing anggota. 

(Poin 1): Refleksi penting untuk pembelajaran dan pemahaman, tetapi dalam rangka menghargai dan mendengar anggota tim, pendekatan yang lebih proaktif seperti diskusi terbuka dan mendengarkan aktif mungkin lebih efektif.

Pembahasan soal 2

A. Mengusulkan untuk fokus pada tujuan kerja bersama dan menghindari diskusi politik saat bekerja.
Poin: 4. Dengan memfokuskan perhatian pada tujuan kerja dan menghindari topik yang mungkin kontroversial, kerja sama dapat tetap produktif.

B. Menghargai pendapatnya namun memastikan bahwa perbedaan pandangan tidak mempengaruhi kualitas kerja.
Poin: 3. Menghargai pendapat seseorang adalah langkah yang penting, tetapi ini memerlukan komitmen aktif dari kedua pihak untuk memastikan perbedaan pendapat tidak mengganggu kerjasama.

C. Mengajaknya berbicara secara terbuka tentang cara kerja sama yang efektif meskipun memiliki pandangan berbeda.
Poin: 2. Komunikasi terbuka adalah penting, tetapi mungkin sulit untuk diimplementasikan tanpa kerangka kerja yang mendukung.

D. Mengajukan untuk selalu berkomunikasi dengan asertif dan menghindari asumsi atau prasangka.
Poin: 1. Meskipun komunikasi asertif adalah keterampilan yang berharga, pendekatan ini mungkin tidak sepenuhnya mengatasi isu inti dari perbedaan pandangan politik.
Pembahasan soal 3

Opsi A (Skor 3): Ini menunjukkan kepatuhan individu yang baik, tetapi kurang berdampak pada lingkungan sekitar karena tidak ada upaya aktif untuk mendorong perubahan. Pilihan ini cukup aman, tetapi tidak sepenuhnya solutif.  

Opsi B (Skor 4) Selain menaati aturan, pegawai juga berusaha mengajak rekan kerja untuk lebih disiplin secara persuasif. Pendekatan ini menunjukkan kepatuhan, inisiatif, dan keterampilan komunikasi yang baik tanpa menciptakan konflik.  

Opsi C (Skor 2): Mengutamakan kenyamanan sosial dengan menyesuaikan diri terlebih dahulu bisa mengurangi risiko konflik, tetapi berpotensi melemahkan integritas pegawai dalam jangka panjang.  

Opsi D (Skor 1): Langsung melaporkan kepada atasan memang menunjukkan kepedulian terhadap aturan, tetapi tindakan ini berpotensi menimbulkan ketegangan tanpa mencari solusi yang lebih kolaboratif.  

Jawaban B adalah yang terbaik karena mencerminkan kepatuhan yang kuat sekaligus kemampuan untuk memengaruhi lingkungan kerja secara positif dan diplomatis.
Pembahasan soal 4

Skor untuk setiap opsi:
A. 4
B. 3
C. 5
D. 1
E. 2

Pembahasan:
Opsi A (Memindahkan ke Kelompok Lain): Memindahkan salah satu siswa ke kelompok lain mungkin memberikan solusi sementara, namun tidak mengajarkan kepada mereka keterampilan untuk menyelesaikan konflik atau bekerja sama dengan orang yang memiliki pendekatan berbeda.

Opsi B (Tugas Individual): Meskipun memberikan tugas individual akan menghindari konflik saat itu, hal ini tidak memfasilitasi keterampilan kerja kelompok yang penting bagi kedua siswa.

Opsi C (Waktu Khusus Setelah Kelas): Mendengarkan kedua belah pihak dalam lingkungan yang mendukung dan memberikan saran tentang kerjasama dapat membantu Siti dan Ayu memahami pendekatan masing-masing dan menemukan cara untuk bekerja sama dengan lebih efektif. 

Dalam hal ini Pendekatan Langsung & Personal yaitu Dengan berbicara langsung kepada Siti dan Ayu, guru dapat memahami akar permasalahan mereka secara lebih mendalam hal Ini memungkinkan guru memberikan saran yang spesifik dan relevan untuk meningkatkan kerja sama mereka, serta Mencegah Konflik Lebih Lanjut, Jika konflik dibiarkan tanpa penanganan langsung, itu bisa berkembang menjadi masalah yang lebih besar.  Dengan membahasnya secara privat, Siti dan Ayu dapat menyampaikan pandangan mereka tanpa tekanan dari teman-teman sekelas.  

Opsi D (Minta Pendapat Kelas): Mengajak seluruh kelas memberikan pendapat hanya akan memperburuk situasi dan bisa menyebabkan pembagian atau pengasingan.

Opsi E (Sesi Diskusi Kelas): Meskipun sesi ini dapat meningkatkan kesadaran seluruh kelas tentang pentingnya kerjasama tim, hal ini mungkin tidak memberikan solusi langsung untuk konflik antara Siti dan Ayu.

Opsi ini Kurang Spesifik terhadap Masalah, Mereka mungkin tidak merasa terlibat langsung dalam solusi yang diberikan. Dan dalam hal ini Tidak Menjamin Perubahan Sikap, jika Siti dan Ayu tidak merasa masalah mereka dibahas langsung, mereka mungkin tetap memiliki pola konflik yang sama. 
Dalam kasus lain Diskusi kelas bisa bermanfaat dalam jangka panjang, tetapi dalam kasus ini, intervensi langsung lebih dibutuhkan.  

Opsi C lebih tepat karena menangani konflik langsung dengan pendekatan yang lebih personal dan solutif,


Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Soal tes pppk di grup wa hari ke 27 dari rumpen"

Post a Comment