Soal 1 Manajerial
Dalam menghadapi ketidaksepakatan dalam tim, strategi apa yang Anda gunakan untuk memastikan setiap anggota tim tetap merasa dihargai dan didengar?
A. Mengadakan sesi diskusi terbuka di mana setiap anggota tim dapat menyampaikan pendapatnya tanpa takut dihakimi.
B. Menggunakan teknik mendengarkan aktif saat berkomunikasi dengan anggota tim.
C. Membuat solusi kompromi yang dapat diterima oleh semua pihak.
D. Mengadakan sesi refleksi setelah ketidaksepakatan untuk memahami perspektif masing-masing anggota.
Soal 2 Sosialkultural
Anda harus bekerja sama dengan seorang kolega yang memiliki pandangan politik yang berbeda. Bagaimana Anda akan memastikan bahwa perbedaan pandangan tidak menghambat kerjasama tim?
A. Mengusulkan untuk fokus pada tujuan kerja bersama dan menghindari diskusi politik saat bekerja.
B. Menghargai pendapatnya namun memastikan bahwa perbedaan pandangan tidak mempengaruhi kualitas kerja.
C. Mengajaknya berbicara secara terbuka tentang cara kerja sama yang efektif meskipun memiliki pandangan berbeda.
D. Mengajukan untuk selalu berkomunikasi dengan asertif dan menghindari asumsi atau prasangka.
Soal 3 wawancara
Seorang pegawai baru di instansi pemerintah mendapati bahwa beberapa rekan kerja sering datang terlambat dan mengabaikan aturan jam kerja. Pegawai tersebut merasa dilema antara mengikuti kebiasaan yang ada atau tetap menaati aturan yang berlaku. Apa tindakan terbaik yang sebaiknya dilakukan oleh pegawai tersebut?
A. Tetap menaati aturan jam kerja dan berusaha menjadi contoh yang baik, tetapi tidak perlu menegur langsung agar tidak menimbulkan ketegangan.
B. Mengikuti aturan dengan disiplin dan secara perlahan mengajak rekan kerja untuk lebih menghargai waktu dengan cara yang persuasif.
C. Menyesuaikan diri dengan kebiasaan yang ada terlebih dahulu agar tidak dianggap berbeda, lalu perlahan mencari waktu yang tepat untuk mulai disiplin.
D. Langsung melaporkan pelanggaran tersebut kepada atasan agar ada tindakan yang lebih tegas terhadap kedisiplinan di tempat kerja.
Soal 4 SJT
Selama sesi belajar kelompok, Anda menyadari bahwa Siti dan Ayu tampaknya tidak bisa bekerja sama. Mereka seringkali berargumen tentang cara menyelesaikan tugas dan hal ini mengganggu konsentrasi kelompok lainnya. Keduanya adalah siswa yang pintar, tetapi memiliki pendekatan berbeda dalam menyelesaikan tugas. Sebagai guru, apa yang akan Anda lakukan untuk memfasilitasi kolaborasi yang lebih baik antara Siti dan Ayu tanpa menghambat proses belajar kelas?
A. Anda akan memindahkan salah satu dari mereka ke kelompok lain untuk menghindari lebih banyak konflik.
B. Anda akan memberikan tugas individual kepada keduanya sehingga mereka tidak perlu bekerja sama.
C. Anda akan menyediakan waktu khusus setelah kelas untuk mendengar kedua belah pihak dan memberikan saran tentang bagaimana bekerja sama dengan efektif.
D. Anda akan meminta seluruh kelas untuk memberikan pendapat mereka tentang siapa yang benar antara Siti dan Ayu.
E. Anda akan memfasilitasi sesi diskusi kelas tentang pentingnya kerjasama tim dan bagaimana menghargai pendapat orang lain, dengan mencontohkan tanpa menyebut nama Siti dan Ayu.
Pembahasan soal 1
A. Mengadakan sesi diskusi terbuka di mana setiap anggota tim dapat menyampaikan pendapatnya tanpa takut dihakimi.
(Poin 4): Memfasilitasi diskusi terbuka memastikan bahwa setiap anggota tim memiliki kesempatan yang sama untuk berbicara dan mendengar. Ini menciptakan lingkungan yang inklusif dan mendukung, di mana ketidaksepakatan dapat diselesaikan dengan konstruktif.
B. Menggunakan teknik mendengarkan aktif saat berkomunikasi dengan anggota tim.
(Poin 3): Mendengarkan aktif menunjukkan rasa hormat dan penghargaan terhadap pendapat orang lain. Dengan benar-benar memahami perspektif setiap anggota, solusi yang lebih baik dan komprehensif dapat dicapai.
C. Membuat solusi kompromi yang dapat diterima oleh semua pihak.
(Poin 2): Kompromi penting dalam menyelesaikan ketidaksepakatan, tetapi proses mencapai kompromi itu sendiri membutuhkan diskusi terbuka dan mendengarkan aktif.
D. Mengadakan sesi refleksi setelah ketidaksepakatan untuk memahami perspektif masing-masing anggota.
(Poin 1): Refleksi penting untuk pembelajaran dan pemahaman, tetapi dalam rangka menghargai dan mendengar anggota tim, pendekatan yang lebih proaktif seperti diskusi terbuka dan mendengarkan aktif mungkin lebih efektif.
Belum ada tanggapan untuk "Soal tes pppk di grup wa hari ke 27 dari rumpen"
Post a Comment