Pendahuluan
Keunggulan Sistem Pendidikan di Amerika
Alasan Memilih Massachusetts Sebagai Negara Bagian di USA Untuk Dibahas
Sistem sekolah Massachusetts secara luas dianggap sebagai sistem sekolah umum terbaik di AS. Massachusetts adalah salah satu dari hanya tiga (bersama dengan Connecticut dan Florida) yang telah memilih untuk menerima hasil PISA mereka di tingkat negara bagian. Di babak PISA 2015 (pelaporan tingkat negara bagian pertama kali digunakan), Massachusetts mencetak jauh di atas rata-rata A.S.A dan internasional. Karena tabel hasil PISA biasanya peringkat di tingkat negara, Massachusetts tidak memiliki peringkat PISA 'formal', tetapi ini dapat ditentukan dari data skor mentah, sebagai berikut:
1. Dalam matematika, Massachusetts mencetak 500 (hanya sedikit lebih baik daripada Selandia Baru) pada 495). Meskipun ini jauh di atas skor matematika rata-rata A.S. 470, itu setara dengan peringkat ke-20 (dari 72 negara).
2. Dalam sains, Massachusetts mencetak 529 (sedikit di atas skor Selandia Baru 513). Ini jauh di atas rata-rata AS yaitu 496 dan menempatkannya di urutan ke-6 sama dengan Makau.
3. Dalam membaca, Massachusetts mencetak 527 (jauh di atas skor Selandia Baru 509). Ini juga jauh di atas rata-rata AS yaitu 497 dan menempatkannya 2nd sama (bersama dengan Kanada dan Hong Kong).
Kronologi Sejarah Kurikulum Amerika Serikat
1790
Pennsylvania memerlukan beberapa bentuk pendidikan gratis bahkan untuk mereka yang tidak mampu.
1805
New York mengesahkan undang-undang serupa pada tahun 1805.
1820
Pada tahun 1820 Massachusetts menjadi negara bagian pertama yang menciptakan sekolah menengah bebas-biaya,
Abd 19
Sistem publik K-12 pertama terlihat pada awal abad ke-19. Pada tahun 1830-an dan 1840-an, orang-orang Ohio sangat tertarik dengan gagasan pendidikan publik. "Hukum Sekolah Akron 1847"
1930
Pada tahun 1930, semua 50 negara telah mengeluarkan undang-undang yang membuat pendidikan wajib
1965
1965, Presiden Lyndon B. Johnson menandatangani Undang-Undang Pendidikan Dasar dan Menengah (ESEA), yang memberikan pengeluaran federal yang besar untuk setiap negara bagian untuk tujuan mempertahankan K-12 lokal.
1980
Pada 1980-an, prakarsa 'A Nation at Risk' Reagan memberikan ketentuan yang mengharuskan pendidikan publik dievaluasi berdasarkan standar, dan gaji guru didasarkan pada evaluasi.
200
Pada tahun 1990-an, Undang-Undang Sasaran 2000 dan undang-undang “Meningkatkan Sekolah Amerika” memberikan dana tambahan kepada negara-negara untuk mendukung sistem K-12.
2015
Pada 2015, Presiden Barack Obama menandatangani Every Student Succeed Act (ESSA), memberikan pemerintah negara bagian kembali beberapa kekuatan individu atas evaluasi dan standar.
Isi
Landasan Pendidikan
1. Every Student Succeed Act 2015 (ESSA) adalah hukum federal inti untuk sistem pendidikan negara bagian.
2. Undang-undang ini memasukkan ketentuan untuk mendukung peningkatan prestasi bagi semua siswa yang menerima pendidikan dasar dan menengah di AS.
3. ESSA mewajibkan setiap lembaga pendidikan negara bagian untuk memasukkan rencana pemerintah federal yang mengartikulasikan visinya untuk menerapkan ketentuan dan persyaratan utama ESSA sebagai bagian dari aplikasi untuk pendanaan.
4. Peraturan negara federal juga mencakup ketentuan untuk siswa penyandang cacat dalam “Individuals with Disabilities Education Act (IDEA)” dan untuk pengembangan kejuruan tenaga pengajar profesional dalam Career & Technical Education Improvement Act 2006.
5. Selain undang-undang federal, Massachusetts juga memiliki undang-undang tingkat negara bagiannya sendiri yang berkaitan dengan sistem pendidikan, yang dimasukkan sebagai bab-bab dalam Hukum Umum Massachusetts.
6. Undang-undang tingkat negara bagian meliputi berbagai hal yang berkaitan dengan berfungsinya sistem pendidikan, termasuk ketentuan untuk mata pelajaran yang diperlukan, pendanaan, masa kerja staf dan perilaku siswa. Misalnya, di sekolah negeri di Massachusetts, setiap kelas wajib melakukan keadaan hening hingga satu menit yang bertujuan untuk pengamatan pemikiran pribadi yang dilaksanakan setiap memulai pembelajaran di pagi hari.
Lembaga Pendidikan
1. The Massachusetts Board of Elementary and Secondary Education (BESE)
Bertanggung jawab untuk menafsirkan dan menerapkan undang-undang yang relevan dengan pendidikan publik di Massachusetts. Tanggung jawab BESE adalah menyetujui standar pembelajaran, menentukan sistem charter school dan memutuskan kapan akan melakukan intervensi di sekolah yang berkinerja rendah. Dewan terdiri dari Sekretaris Pendidikan, seorang siswa, dan sembilan anggota yang ditunjuk oleh gubernur. Anggota harus menyertakan perwakilan orang tua, perwakilan tenaga kerja, dan perwakilan bisnis.
2. The Massachusetts Department of Elementary and Secondary Education (ESE)
Pekerjaan ESE meliputi perizinan pendidik, mendistribusikan dana pendidikan negara bagian dan federal, mengawasi tes berstandar nasional, memantau sekolah dan distrik, dan menyelenggarakan rapat distrik dan individu untuk melakukan pelatihan untuk meningkatkan kualitas.
Penasihat Pendidikan
1. Teacher and Principal Advisory Cabinets (TAC & PAC)
Anggota TAC dan PAC berbagi wawasan, saran, dan umpan balik mereka dengan departemen pendidikan Massachusetts untuk membantu memperbaiki kebijakan saat ini dan untuk menginformasikan pengembangan kebijakan dan sumber daya baru di tingkat negara bagian.
2. The Board of Elementary and Secondary Education Advisory Councils
Dewan-dewan ini dibentuk untuk memberi nasihat kepada Komisaris dan Dewan mengenai hal-hal yang relevan dalam pengembangan reformasi pendidikan di Massachusetts. Ada 12 dewan yang terpisah, masing-masing mencakup elemen yang berbeda dari sistem pendidikan, seperti pendidikan dasar orang dewasa, pendidikan bagi yang berbakat dan berkebutuhan khusus, dan ketidakseimbangan ras.
Pendanaan
1. Massachusetts 'memiliki pengeluaran tertinggi ke-7 per siswa dari semua negara bagian A.S. (USD $ 15.593 pada 2016 dalam rupiah 219.058.260,50), yang jauh di atas rata-rata A.S. (USD $ 11.762 dalam rupiah 165.238.457,00). Sementara tingkat pendanaan saja bukan satu-satunya faktor yang berkontribusi terhadap keberhasilan sistem pendidikan Massachusetts, tapi juga tidak dapat diabaikan sepenuhnya.
2. Sementara rata-rata pengeluaran per siswa relatif tinggi, tidak semua siswa didanai sama. Massachusetts menggunakan The Weighted Student Formula (WSF) (adalah cara yang adil dan merata untuk mendistribusikan dana untuk anggaran sekolah. Jumlah dasar per siswa ditetapkan, dengan dana tambahan ("bobot") disesuaikan dengan kebutuhan dan karakteristik siswa yang berbeda) yang menambahkan dana tambahan untuk siswa dengan karakteristik khusus seperti pelajar bahasa Inggris, latar belakang berpenghasilan rendah dan siswa berkebutuhan khusus. Dana tambahan untuk siswa yang kurang beruntung adalah yang tertinggi di USA.
3. Dasar-dasar pendekatan pendanaan pendidikan Massachusetts didirikan di bawah Bab 70 dari Education Reform Act 1993, yang dirancang untuk menanggapi kekhawatiran yang berkembang tentang kecukupan dan keadilan pendanaan sekolah di Massachusetts. Sebelum ini, negara federal menyumbang lebih sedikit uang untuk pendidikan dasar dan menengah, membuat sekolah negra bagian lebih tergantung pada pajak properti lokal, dan akibatnya, sekolah dari negara bagian yang lebih kaya memiliki lebih banyak uang.
4. Bab 70 Education Reform Act 1993 didasarkan pada tiga prinsip berikut:
a. Pendanaan yang memadai harus tersedia untuk setiap distrik sekolah untuk menyediakan pendidikan berkualitas bagi setiap anak.
b. Komunitas lokal masing-masing harus berkontribusi pada sekolah mereka sesuai dengan kemampuan mereka untuk meningkatkan pendapatan pajak, berdasarkan nilai properti lokal dan tingkat pendapatan.
c. Negara harus menyediakan dana yang cukup untuk setiap distrik sekolah untuk mengisi kesenjangan antara kemampuan lokal awal untuk berkontribusi dan tingkat pendanaan yang dibutuhkan untuk menyediakan pendidikan berkualitas bagi setiap anak.
Keunggulan Sistem Pendidikan di Amerika
Wajib Belajar
K-12 adalah wajib belajar dari taman kanak-kanak sampai kelas 12, ungkapan Amerika yang menunjukkan jumlah tahun dari pendidikan dasar dan menengah yang didukung publik.
Kurikulum
Untuk menanggapi beragam gaya belajar dan keadaan peserta didik, Massachusetts menawarkan beberapa pendekatan pendidikan yang inovatif, seperti:
1. The Expanded Learning Time initiative
Program ini memungkinkan sekolah untuk secara signifikan memperluas jam dan hari dalam jadwal sekolah mereka untuk membuat
Pengalaman belajar yang terintegrasi untuk semua siswa dan untuk menyediakan lebih banyak waktu untuk instruksi tambahan dan peluang pengayaan untuk mata pelajaran inti
2. 21st Century Community Learning Centres (CCLC)
Program ini dilaksanakan selama jam sekolah dan melibatkan siswa dalam kegiatan yang menantang, kreatif, berbasis proyek yang mendukung dan berhubungan dengan pembelajaran di sekolah dengan tujuan meningkatakan ekspresi diri, pemikiran kritis dan kemampuan memecahkan masalah
3. Innovation Schools
Sekolah Inovasi dilaksanakan dengan otonomi dan fleksibilitas yang mencakuap enam bidang utama (kurikulum, anggaran, jadwal & kalender sekolah, kepegawaian, pengembangan profesional, dan kebijakan sekolah), dengan tujuan membangun kondisi sekolah yang mengarah pada peningkatan pengajaran dan pembelajaran.
Rasio Guru dan Murid
Jenjang Sekolah
Contoh
Cara Memilih Sekolah
Anak-anak memiliki hak untuk bersekolah di sekolah umum di kota tempat mereka sebenarnya tinggal (terlepas dari siapa mereka tinggal).
Tapi jika distrik asalnya tidak dapat menampung maka dapat daftar sekolah melalui program ”The Inter-District School Choice program”.
Macam Sekolah
1. Schools public
Sekolah negeri
2. Charter schools
Sekolah yang menerima dana pemerintah tetapi beroperasi secara independen dari sistem sekolah negeri yang ada di mana ia berada
3. Vocational and technical schools
Sekolah kejuruan, kelas 9-12
4. Commonwealth of Massachusetts Virtual School (CMVS)
Interaksi antara murid dan guru tidak perlu dilakukan bertatapan muka secara langsung, atau hanya untuk pelengkap
5. Private or parochial schools
Sekolah swasta, agama-gereja, dengan biaya yang mahal
6. Massachusetts Academy of Math & Science
Ini adalah sekolah publik yang independen, SMA yang menyediakan program studi lanjutan dengan fokus pada sains dan matematika untuk siswa kelas 11 dan 12, Penerimaan selektif
7. Metco
Program Metco dirancang untuk memberikan kesempatan bagi siswa minoritas di Boston untuk bersekolah di salah satu distrik sekolah pinggiran kota di sekitar Boston, termasuk Massachusetts)
8. Home-schooling
Dengan persetujuan terlebih dahulu dari distrik asal
Tenaga Pendidik
1. Pendidik di Massachusetts diharuskan memiliki lisensi yang tepat untuk menjalankan peran mereka dalam sistem pendidikan. Ada empat kategori besar jenis lisensi:
a. Lisensi guru
b. Lisensi administrator - mis. Kepala sekolah, pengawas
c. Lisensi Spesialis Guru - mis. Guru spesialis untuk teknologi pengajaran
d. Lisensi Personel Dukungan Profesional - mis. Perawat sekolah, konselor sekolah
2. Untuk mendapatkan izin mengajar awal, calon guru harus:
a. Memiliki setidaknya gelar Sarjana;
b. Lulus semua tes MTEL (Massachusetts Tests for Educator Licensure) yang diperlukan untuk posisi mereka;
c. Menyelesaikan program persiapan pendidik di Massachusetts.
3. Lisensi pengajaran awal berlaku selama lima tahun dan dapat diperpanjang satu kali (untuk tambahan lima tahun). Lisensi pengajaran awal dimaksudkan sebagai 'batu loncatan' menuju lisensi profesional (yang berlaku untuk periode lima tahun dan terbarukan setiap 5 tahun sesudahnya). Untuk mendapatkan lisensi mengajar profesional, pelamar harus memiliki lisensi awal di bidang yang sama dan:
a. Telah dipekerjakan di bawah lisensi awal setidaknya selama tiga tahun;
b. Menyelesaikan program induksi satu tahun dengan seorang mentor dan setidaknya 50 jam seorang mentor berpengalaman di luar tahun induksi;
c. Menyelesaikan program lisensi yang disetujui, gelar master (atau program pascasarjana tingkat lanjut lainnya) dengan pengetahuan materi pelajaran yang relevan, atau program yang mengarah pada kelayakan status guru master
Penilaian
Massachusetts Comprehensive Assessment System (MCAS) adalah program penilaian berbasis standar di seluruh negara bagian. Hukum negara bagian dan federal mengamanatkan bahwa semua siswa yang terdaftar dalam tested grades dan yang didik dengan dana negara bagian Massachusetts diharuskan untuk berpartisipasi dalam pengujian MCAS. Jika perlu, siswa diberikan beberapa kesempatan untuk mengikuti tes untuk memaksimalkan kesempatan yang akan mereka lewati. Tes MCAS dilakukan setiap tahun dari Kelas 3 hingga 8 dan di Kelas 10. Pengujian MCAS yang dijadwalkan berdasarkan nilai dirangkum dalam tabel :
Grade | Subjects |
Grade 3 | · Reading · Maths |
Grade 4 | · English Language Arts & Composition · Maths |
Grade 5 | · English Language Arts · Maths · Science and Technology/Engineering |
Grade 6 | · English Language Arts · Maths |
Grade 7 | · English Language Arts & Composition · Maths |
Grade 8 | · English Language Arts · Maths · Science and Technology/Engineering |
Grade 10 | · English Language Arts & Composition · Maths |
Keunggulan Sistem Pendidikan di Amerika
Akreditasi
Sistem negara bagian Massachusetts menempatkan sekolah-sekolah dan distrik-distrik pada lima level, peringkat tertinggi di Level 1 dan yang paling rendah di Level 5. Sebuah distrik umumnya diklasifikasikan ke dalam level sekolah dengan kinerja terendah, kecuali ia telah ditempatkan di Level 4 atau 5 oleh BESE atau telah diminta oleh Departemen Pendidikan untuk mengembangkan Rencana Distrik Level 4 untuk membantu meningkatkan sekolah-sekolah Level 4.
Semua sekolah di Massachusetts dengan data yang cukup diklasifikasikan ke dalam Level 1-5. 80% sekolah diklasifikasikan ke dalam Tingkat 1 atau 2. Sekolah diklasifikasikan ke dalam Tingkat 3 jika mereka memiliki nilai yang berkisar di 20% yang telah dibandingkan dengan sekolah lain, dan memiliki tingkat kelulusan yang terus-menerus rendah. Sekolah Level 3 yang berprestasi ,berkembang menjadi kandidat untuk klasifikasi ke dalam Level 4 atau 5.
Klasifikasi ini menentukan tingkat otonomi yang dimiliki sekolah (dan bantuan yang diterimanya), sebagaimana dirangkum di bawah ini
Akuntabilitas | Pendampingan | |||
Lvl | District Action | State Action | District Action | State Action |
1 | Tinjau & menyetujui distrik & rencana sekolah perbaikan | Melakukan ulasan distrik untuk distrik yang secara acak terpilih | Tinjau tingkat implementasi rencana kabupaten & sekolah, dan menjanjikan contoh-contoh praktik | Menyediakan akses sukarela ke alat analisis & ulasan distrik untuk setiap distrik & sekolah |
2 | Menggunakan alat analisis dan ulasan distrik untuk persetujuan rencana peningkatan sekolah dan distrik | Melakukan ulasan distrik untuk distrik yang secara acak terpilih | Meninjau dan merevisi rencana distrik dan sekolah yang berkenaan dengan tingkat penerapan dari “indikator distrik dan sekolah” | Menyarankan target bantuan untuk mengidentifikasi kelompok siswa, karir profesional |
Dua dokumen pedoman utama (yang dirujuk dalam tabel di atas) yang mendukung akuntabilitas sekolah dan distrik dalam sistem sekolah Massachusetts adalah:
1. District Standards & Indicators (DSI)
DSI mengidentifikasi karakteristik kabupaten yang efektif dalam mendukung dan mempertahankan peningkatan sekolah, dengan fokus pada enam bidang berikut: kepemimpinan dan tata kelola, kurikulum dan pengajaran, penilaian, pengembangan sumber daya manusia dan profesional, dukungan siswa , dan manajemen keuangan dan aset.
2. Conditions for School Effectiveness (CSE)
CSE mengidentifikasi penelitian praktik berbasis yang diperlukan semua sekolah, terutama sekolah yang berjuang, untuk memenuhi kebutuhan belajar semua siswa secara efektif. Dokumen ini menetapkan persyaratan untuk efektivitas sekolah di 11 bidang berikut:
a. Sistem distrik yang efektif untuk dukungan dan intervensi sekolah
b. Kepemimpinan sekolah yang efektif
c. Kurikulum selaras
d. Instruksi yang efektif
e. Penilaian siswa
f. Otoritas kepegawaian Kepala Sekolah
g. Pengembangan dan struktur profesional untuk kolaborasi
h. Instruksi berjenjang dan waktu belajar yang memadai
i. Kebutuhan sosial, emosional dan kesehatan siswa
j. Keterlibatan keluarga-sekolah
k. Penggunaan sumber daya secara strategis dan wewenang anggaran yang memadai
Penutup
Pendidikan Khas Amerika:
1. Teknologi pengajaran yang canggih
Diantaranya : aplikasi Blackboard, Moodle yang kegunaannya untuk saling berbagi note pelajaran, homework, pengumuman, rekaman kuliah serta melihat nilai hasil ujian.
2. Kegiatan tutor
Setiap kelas ada yang namanya Supplemental Instruction. Kegiatannya mneliputi sesi mengulang pelajaran sebelum ujian dan membantu junior students untuk belajar. SI ini memiliki leader yaitu seorang senior student yang dipilih oleh dosennya.
3. Career Centre yang aktif
Mahasiswa tingkat akhir yang bingung ketika akan menghadapi dunia kerja akan difasilitasi dengan seminar yang diadakan career centre di kampus masing-masing. Pelatihan membuat resume, CV dan cover letter termasuk di dalamnya.
4. Program fellowship untuk kaum minoritas
Kaum minoritas seperti Hispanic, African American dan generasi pertama dalam keluarga yang berkuliah bisa menikmati fasilitas fellowship dari pemerintah. Yang paling seru dari program ini adalah semua biaya riset, dana buku hingga tes masuk program pascasarjana akan ditanggung oleh pemerintah.
5. Gabung perkumpulan akademisi dunia
Di tingkat perkuliahan, mahasiswa dapat gabung di American Chemist Society dan Omega Chi Epsilon. Gabung society ini bisa memperluas kenalan dengan para profesional di seluruh Amerika Serikat.
Keunggulan Sistem Pendidikan di Amerika
Daftar Pustaka
1. Driscoll, D. 2018. Tomorrows Schools Review 2018. URL: https://conversation.education.govt.nz. Diakses tanggal 27 November 2019
2. Orionbetelgeuze. 2013. Sistem Pendidikan di Amerika. URL: https://konsultanpendidikan.com. Diakses tanggal 26 Desember 2019
3. Unknown. 2017. Sejarah Pendidikan Amerika. URL: https://samplingkuliah.blogspot.com. Diakses tanggal 27 Desember 2019
4. Fabarani, N. 2018. 5 Hal Ini Nih yang Bikin Sistem Pendidikan di Amerika Maju. URL: https://www.idntimes.com. Diakses tanggal 26 Desember 2019
5. Laksmitasari, N.C. 2019. 5 Hal yang Bikin Pendidikan Amerika Serikat Maju. URL: https://zetizen.jawapos.com. Diakses tanggal 27 Desember 2019
6. Achmad, L. 2016. Sistem Pendidikan Amerika Serikat Pantas Banget Untuk Kamu Lirik. Ini Alasannya!. URL: https://rencanamu.id. Diakses tanggal 26 Desember 2019
7. Nie, N.H., Junn, J., Barry, K.S. 1996. Education and Democratic Citizenship in America. Edisi ke-1. The university of Chicago Press. Chicago. USA.
Belum ada tanggapan untuk "Keunggulan Sistem Pendidikan di Amerika"
Post a Comment