No | Model Diagnosis 1 Prosedur Weener & Senf | Model Diagnosis 2 Penilaian Acuan Patokan (criterion refenced evaluation) | Model Diagnosis 3 | Model Diagnosis 4 Penilaian Acuan Norma (Norm refenced evaluation) |
1 | Melakukan observasi kelas untuk melihat perilaku menyimpang siswa ketika mengikuti pelajaran | Menetapkan angka nilai kualifikasi minimal yang dapat diterima sebagai batas lulus atau jumlah keslahan minimal yang masih dapat dimaafkan dalam suatu penialaian. | Identifikasi Siswa yang Mengalami Kesulitan Belajar (observasi, wawancara, dokumentasi, tes diagnostik, menganilis hubungan) | Mencari atau menghitung angka nilai rata-rata kelas atau kelompok dengan mengoperasikan furmola yang telah dipelajari(jumlah nilai atau nilai berbobot keseluruhan dibagi dengan jumlah anggota/populasi kelas) |
2 | Memeriksa pengelihatan dan pendengaran siswa khususnya yang diduga mengalami kesulitan belajar | Membandingkan angka nilai dari setiap murid dengan nilai batas lulus tersebut dan mencatat murid yang posisi angka nilai atau prestasinya berada dibawah angka nilai atau batas lulus tersebut. | Melokalisasi Jenis Kesulitan Belajar | Menandai murid yang angka nilai prestasinya berada dibawah rata-rata prestasi kelasnya. |
3 | Mewawancarai orangtua atau wali siswa untuk mengetahui hal ihwal keluarga yang mungkin menimbulkan kesulitan belajar | Menghimpun semua murid yangmempunyai angka nilai atau prestasi di bawah angka minimal nilai batas lulus tersebut. | Mendeteksi Penyebab Kesulitan Belajar | Apabila akan diberikan prioritas layanan bimbingan, harus dibuat rangking (menghitung angka selisih atau devisi nilai prestasi individual dengan angka nilai rata-rata prestasi kelasnya) |
4 | Memberikan tes diagnostik bidang kecakapan tertentu untuk mengetahui hakikat kesulitan belajar yang dialami siswa | Memberikan prioritas layanan kepada mereka yang diduga mengalami kesulitan paling berat atau yang paling banyak membuat kesalahan. | Proses pemecahan kesulitan belajar | |
5 | Memberikan tes kemampuan intelegensi (IQ) khususnya kepada siswa yang diduga mengalami kesulitan belajar |
Daftar Pustaka
Irwanto, Nur dan Yusuf Suryana. 2016. Kompetensi Pedagogik untuk Meningkatkan dan Penilaian Kinerja Guru Dalam Rangka Implementasi Kurikulum Nasional. Surabaya : Genta grup production.
Syah, Muhibbin. 2013. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung : Rosda Karya Offset.
Macam Model Analisis Kesulitan Belajar
Saran buku
Yusuf, Munawir dkk. 2003. Pendidikan bagi Anak dengan Problema Belajar. Solo: Tiga Serangkai Pustaka Mandiri
Djamarah, Syaiful Bahri. 2011. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta
Macam Model Analisis Kesulitan Belajar
Belum ada tanggapan untuk "Macam Model Analisis Kesulitan Belajar"
Post a Comment