kesulitan mengerjakan tugas? saya siap membantu, silahkan wa 082257518802

Macam Model Analisis Kesulitan Belajar




No
Model Diagnosis 1
Prosedur Weener & Senf
Model Diagnosis 2
Penilaian Acuan Patokan
(criterion refenced evaluation)

Model Diagnosis 3

Model Diagnosis 4
Penilaian Acuan Norma
 (Norm refenced evaluation)

1
Melakukan observasi kelas untuk melihat perilaku menyimpang siswa ketika mengikuti pelajaran
Menetapkan angka nilai kualifikasi minimal yang dapat diterima sebagai batas lulus atau jumlah keslahan minimal yang masih dapat dimaafkan dalam suatu penialaian.
Identifikasi Siswa yang Mengalami Kesulitan Belajar
(observasi, wawancara, dokumentasi, tes diagnostik, menganilis hubungan)


Mencari atau menghitung angka nilai rata-rata kelas atau kelompok dengan mengoperasikan furmola yang telah dipelajari(jumlah nilai atau nilai berbobot keseluruhan dibagi dengan jumlah anggota/populasi kelas)
2
Memeriksa pengelihatan dan pendengaran siswa khususnya yang diduga mengalami kesulitan belajar
Membandingkan angka nilai dari setiap murid dengan nilai batas lulus tersebut dan mencatat murid yang posisi angka nilai atau prestasinya berada dibawah angka nilai atau batas lulus tersebut.


Melokalisasi Jenis Kesulitan Belajar
Menandai murid yang angka nilai prestasinya berada dibawah rata-rata prestasi kelasnya.
3
Mewawancarai orangtua atau wali siswa untuk mengetahui hal ihwal keluarga yang mungkin menimbulkan kesulitan belajar
Menghimpun semua murid yangmempunyai angka nilai atau prestasi di bawah angka minimal nilai batas lulus tersebut.


Mendeteksi Penyebab Kesulitan Belajar
Apabila akan diberikan prioritas layanan bimbingan, harus dibuat rangking (menghitung angka selisih atau devisi nilai prestasi individual dengan angka nilai rata-rata prestasi kelasnya)        
4
Memberikan tes diagnostik bidang kecakapan tertentu untuk mengetahui hakikat kesulitan belajar yang dialami siswa
Memberikan prioritas layanan kepada mereka yang diduga mengalami kesulitan paling berat atau yang paling banyak membuat kesalahan.    
Proses pemecahan kesulitan belajar



5
Memberikan tes kemampuan intelegensi (IQ) khususnya kepada siswa yang diduga mengalami kesulitan belajar



Macam Model Analisis Kesulitan Belajar
Daftar Pustaka
Irwanto, Nur dan Yusuf Suryana. 2016. Kompetensi Pedagogik untuk Meningkatkan dan Penilaian Kinerja Guru Dalam Rangka Implementasi Kurikulum Nasional. Surabaya : Genta grup production.
Syah, Muhibbin. 2013. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung : Rosda Karya Offset.
Macam Model Analisis Kesulitan Belajar
Saran buku
Yusuf, Munawir dkk. 2003. Pendidikan bagi Anak dengan Problema Belajar. Solo: Tiga Serangkai Pustaka Mandiri

Djamarah, Syaiful Bahri. 2011. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta
Macam Model Analisis Kesulitan Belajar

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Macam Model Analisis Kesulitan Belajar"

Post a Comment