Penerapan Teori Van Hiele Dalam Pembelajaran Matematika
Penerapan Teori Van Hiele Dalam Pembelajaran Matematika
Nama : Bagus Wahyu Purnomo
NIM : 180111002
Prodi : S1 Pendidikan Matematika 2018
Matkul : Psikologi Pembelajaran Matematika
Tanggal : 12 Desember 2019
Teori Van Hiele
Materi Bangun Ruang SMP kelas 7 Kurikulum 2013
Tahap Pengenalan
Siswa dikenalkan dengan bangun ruang yang ada di dalam kelas. Seperti bangun balok yang ada didalam kelas antara lain: pintu, papan tulis, buku, kemudian bangun tabung yang ada didalam kelas antara lain: botol minum, pensil, bulpen, serta bangun kubus yang ada di dalam kelas antara lain : stop kontak, rubrik (jika ada yang membawa).
Tahap analisis
Siswa dikenalkan dengan sifat-sifat bangun ruang yang ada didalam kelas. Seperti pintu merupakan bangun balok yang memiliki 6 sisi dan 12 rusuk. Botol minum merupakan bangun tabung yang memiliki 3 sisi dan 2 rusuk. Rubrik merupakan bangun kubus yang memiliki 6 sisi dan 12 rusuk.
Tahap Pengurutan
Siswa dikenalkan ururutan bangun ruang. Kubus merupakan balok yang seluruh sisinya sama. Balok dan tabung adalah prisma, balok adalah prisma dengan alas berbentuk persegi atau persegi panjang, dan tabung adalah prisma dengan alas berbentuk lingkaran.
Tahap Deduksi
Siswa dikenalkan dengan asal usul rumus. Kubus memiliki diagonal ruang s√3 karena seluruh sisinya adalah persegi sehingga sisi a dan b pada teorema phytagoras untuk menghitung diagonal sama panjang.
Penerapan Teori Van Hiele Dalam Pembelajaran Matematika
Penerapan Teori Van Hiele Dalam Pembelajaran Matematika
Tahap Keakuratan
Siswa dikenalkan dengan asal usul bangun ruang yaitu dari bangun datar, bangun datar berasal dari garis, garis berasal dari titik.
Model Evaluasi
Tahap Pengenalan
Penilaian tahap ini menggunakan teknik non tes yaitu wawancara bebas.
Langkah-langkah :
Guru memerintah setiap siswa agar menyebutkan minimal 3 benda di dalam ruang kelas dan mengidentifikasikan benda tersebut terhadap bangun ruang.
Siswa menjawab secara bergantian
Guru mengecek kebenaran setelah siswa menyebutkan jawaban
Tahap analisis
Penilaian tahap ini menggunakan teknik non tes yaitu daftar cocok.
Langkah-langkah :
Guru menyediakan daftar pernyataan mengenai sifat bangun ruang
Siswa menjawab dengan cara memilih antara setuju dan tidak setuju
Guru mengecek kebenaran dengan cara mencocokkan bersama, jawaban siswa ditukar dengan teman sebelahnya.
Tahap Pengurutan
Penilaian tahap ini menggunakan teknik tes yaitu tes uraian.
Langkah-langkah :
Guru memerintahkan siswa membuat silsilah bangun ruang beserta penjelasannya.
Guru mengecek kebenaran dengan cara mencocokkan bersama, jawaban siswa ditukar dengan teman sebelahnya.
Tahap Deduksi
Penilaian tahap ini menggunakan teknik tes yaitu tes bentuk objektif khususnya melengkapi.
Langkah-langkah :
Guru menyediakan asal-usul berbagai rumus yang di beberapa langkah masih kosong dan perlu dilengkapi.
Siswa mengerjakan secara kelompok kemudian dicocokkan dengan cara ditukar dengan kelompok lain.
Tahap Keakuratan
Penilaian tahap ini menggunakan teknik non tes yaitu wawancara.
Langkah-langkah :
5 Siswa menghadap ke guru sesuai urutan presensi sekaligus.
Guru mewawancarai siswa berdasarkan pertanyaan yang sudah dibuat sebelumnya, setiap kelompok berbeda pertanyaannya.
Siswa dilarang memberi tahu siswa lain mengenai pertanyaan yang diberikan.
Penerapan Teori Van Hiele Dalam Pembelajaran Matematika
Belum ada tanggapan untuk "Penerapan Teori Van Hiele Dalam Pembelajaran Matematika"
Post a Comment